Notification

×

Iklan

Iklan

Pemda Kepsul Telah Dilaksanakan Vaksinasi Covid-19

Sabtu | 2/06/2021 WIB Last Updated 2021-02-06T06:43:39Z


SANANA, - Telah dilaksanakan kegiatan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Sula kepada perangkat Forkopimda  Kepulauan Sula dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang di tempatkan di Istana Daerah (ISDA) Desa Fagudu Kecamatan Sanana Kabupaten Kepulauan Sula ( Kepsul) Maluku Utara, pada hari ini Sabtu tanggal 06 Februari 2021 Pukul 10.00 WIT.



"Menghadiri dalam kegiatan tersebut serta pemberian Vaksin Covid-19 diantaranya, Bupati  (Bpk. Hendrata Thes), Dandim 1510/Sula (Letkol Inf Tri Yudianto, S.I.P.,M.I.Pol), Sekda (Bpk. Safrudin Sapsuha), Kepala Bappeda (Bpk. Muhammad Iqbal), Kepala BPBD (Bpk. Hendra Irawan Umabaihi),Kabag Humas (Bpk. Masiludin La Besi), Kadis Perhubungan (Bpk. A. Yasin Hayatudin), Kepala Pengadilan Negeri Sanana (Bpk. Agus Maksum Mulyohadi), Kabag Ops Polres, Kadis Kominfo, Kadis Pariwisata, Kabag Hukum, Kadis Pendidikan, Kepala Lapas, Kepala BPRD, 

Kajari Kepsul, dan Ketua HMI Cab. Sanana.



Dikatakan Kadis Kesehatan kabupaten kepulauan Sula bahwa, pada intinya Vaksinasi ini tidak akan bisa berjalan dengan baik apabila tidak didukung oleh seluruh linta sektor antara lain Aparat TNI/Polri, Kepala Dinas Badan Lingkup Pemda setempat Kementrian Agama serta LSM.



"Saya juga mengharapkan organisasi profesi (IDAI, IDI, IBI, PPNI) agar mendukung kegiatan Vaksinasi Covid-19 ini engan membuat surat edaran ke masing-masing anggotanya untuk mendukung pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 serta bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Sula ungkapnya.



Lanjut kadis kesehatan Kepsul, Guna membangun kepekaan dan kesadaran masyarakat tentang pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 kami mengajak partisipasi semua pihak untuk menghimbau seluruh lapisan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ini agar mau di Vaksinasi sesuai dengan umur dan kriteria yang sudah ditentukan.



Selanjutnya, Bupati Kepulauan Sula mengatakan bahwa, Vaksinasi Covid-19 di Kepulauan Sula masuk dalam tahapan pertama dan Dinas Kesehatan Sula telah menerima Vaksin sebanyak 1.040 Vial yang akan diberikan kepada 520 Tenaga Kesehatan dan 10 orang unsur Pemerintah Daerah serta Pejabat Publik.


"Forum pencanangan Vaksinasi Covid-19 di Sula adalah sebagai suatu penanda bahwa pemerintah akan melakukan fungsi tugas dan tanggungjawab dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat." tegas Hendrata Thes.



 Vaksinasi Covid-19 merupakan upaya negara dalam melindungi keselamatan warganya dan hal tersebut telah diatur dalam konstitusi UUD 1945 serta perlindungan kepada warga merupakan suatu yang mutlak dan kewajiban negara untuk melindungi warganya.



Saya harapkan dengan adanya simbolosasi penerimaan Vaksin kepada Pejabat Publik hari ini dapat menumbuhkan Optimisme dan supaya meningkatkan imun masyarakat, bahwa secara medis kita akan menerima suntikan Vaksin serta selalu berfikir positif, suntikan Vaksin membuat imunitas kita menjadi naik.



Saya mengingatkan kepada masyakarat Kepulauan Sula bahwa setelah mendapat suntikan Vaksin protokol kesehatan 3 M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak)." terangnya.



Dilanjutkan dengan Penyerahan Vaksin Covid-19 oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula kepada Dinas Kesehatan Kepsul dan Penyampaian informasi terkait KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) oleh dr. Irvan Sangadji, Sp,.PD dan dr. Jogowiso Pulukadang.



Selain itu, Penyuntikan Vaksinasi Covid-19 yang pertama, dimulai oleh Bupati Kepulauan Sula dan Dandim 1510/Sula sekira Pukul 11.30 WIT seluruh rangkaian kegiatan Vaksinasi Covid-19 selesai dalam keadaan aman dan lancar.


Tambanya, kegiatan tersebut untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kepsul, Program Vaksinasi Covid-19 adalah program yang diadakan oleh Pemerintah Pusat guna memutus matarantai penyebarannya. 


Sebab, dampaknya telah mengganggu Perekonomian dan Sosial serta banyaknya energi yang sudah terkuras untuk melawannya disisi lain juga telah merubah perilaku hidup manusia saat ini.


 Bahwa Vaksinasi Covid-19 ini diharapkan dapat memberikan kekebalan dalam tubuh agar masyarakat tidak terpapar virus Covid-19 dan dapat meningkatkan kepercayaan diri yang mana Vaksin ini adalah bagian dari virus yang sudah dilemahkan atau tidak mampu menyebarkan penyakit yang kemudian disuntikan ke tubuh. Vaksinasi Covid-19 ini bermanfaat sebagai pelatih untuk tubuh kita agar bisa mengenali virus yang membahayakan tersebut.


Penyuntikan tahap Kedua Vaksinasi Covid-19 akan diadakan pada tanggal 20 Februari 2021 di ISDA (Istana Daerah) Kepulauan Sula.



Selama kegiatan Vaksinasi Covid-19 tidak ditemukan hal-hal menonjol serta mentaati protokol kesehatan yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak." tutupnya. (Jek)

×
NewsKPK.com Update