Notification

×

Iklan

Iklan

PLN Biarpet,Warga Asahan Sambangi Kantor Rating Kirasaran

Sabtu | 5/11/2019 WIB Last Updated 2019-05-11T16:02:52Z
Asahan - Para tokoh masyarakat dan Aktivis Kabupaten Asahan sambangi Kantor PLN Ranting Kisaran Jalan Sutomo,massa yang datang langsung melakukan orasi meminta klarifikasi terhadap pemadaman listrik yang terjadi selama bulan Ramadhan 1440 H – 2019.

“Kami kesini meminta klarifikasi dari Manager PLN Ranting Kisaran ada masalah apa ditubuh PLN sehingga setiap bulan Ramadhan dari tahun ketahun selalu ada pemadaman listrik. Sungguh ironis disaat masyarakat hendak berbuka puasa, tarawih bahkan saat sahur, PLN mematikan arus listrik sehingga menggangu ummat Islam dalam menjalankan ibadah puasa” ujar Ade Chandra Pranata SH yang juga Sekjen Generasi Muda Pekat-IB Kabupaten Asahan dalam orasinya.

Hal senada diungkapkan aktivis mahasiswa Asahan, M.Sholeh Marpaung SH yang meminta Manager PLN Ranting Kisaran, Herianto Siburian untuk menjelaskan secara detail apa penyebab dari pemadaman arus listrik selama Ramadhan ini.

“Kita tidak mau mendengar alasan klasik yang dari tahun ketahun kami dengarkan saat ada pemadaman listrik di bulan Ramadhan dimana kami selalu mendapatkan jawaban devisit daya atau adanya gangguan transmisi di PLN di Belawan. Jadi kami disini kami meminta penjelasan real dan bukan jawaban yang hanya menberikan angin sorga kepada masyarakat” ungkap tokoh muda asal Sei Kepayang tersebut.

Manager PLN Ranting Kisaran Heryanto Siburian menjelaskan pemadaman arus liatrik diwilayah ranting Kisaran bukanlah kehendak pihak PLN,  namun karena adanya penurunan tekanan suplay bahan bakar gas untuk MVPP (Marine Vessel Power Plan)  Belawan dan Arun sehingga tidak terpenuhinya kebutuhan pembangkit sehingga berpengaruh pada pelayanan penyaluran tenaga listrik.

“Berdasarkan informasi yang kita peroleh dari Unit Induk Wilayah Sumut bahwa saat ini sedang dilakukan upaya untuk meningkatkan tekanan gas pada pipa sepanjang 350 Meter dan estimasi tersebut memakan waktu 3 hingga 4 jam hingga mencapai tekanan normal.  Disini kami memohon maaf atas ketidak nyamanan masyarakat di wilayah ranting Kisaran. Kami akan berusaha memenuhi kebutuhan listrik untuk kenyamanan pelanggan,jelasnya.

Manager PLN yang baru bertugas di Ranting Kisaran selama 2 bulan ini menambahkan pasokan listrik mengalami kekurangan daya sebesar 11 % dari beban puncak yang mencapai 2.200 MW yang terletak di Belawan trip disebabkan tekanan Bahan Bakar Gas yang sangat rendah. Penyebab tekanan gas sangat rendah berasal dari Suplay gasnya.

“Intinya saya mewakili PLN meminta maaf kepada seluruh masyarakat yang terganggu akitivitasnya terutama umat Islam yang menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan.  Pelanggan boleh saja mengakses komunikasi PLN melalui Contact Person Center PLN di 123 yang dibuka secara online selama 7 x 24 jam atau dapat mengakses di website www.pln.co atau bagi pengguna smartphone dapat mengunduh aplikasi PLN Mobile di Play Store maupun QPP Store untuk layanan informasi,  tagihan listrik,  pengaduan gangguan,  pemasangan baru,  perubahan daya dan sebagainya” jelasnya.

Massa yang mendegar jawaban dari Manager PLN ini merasa tidak puas dan membakar ban bekas sembari berteriak akan melakukan aksi lanjutan apabila pihak PLN masih melakukan pemadaman listrik.(R-Tim)
×
NewsKPK.com Update