HEADLINE NEWS

Hukum Mati Koruptor

Hukum Mati Koruptor

Pasca Kerusuhan, Menkumham Tinjau Langsung Kondisi Rutan Siak

Pekanbaru -  Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly tiba di Bandara Sultan Syarif Qasim II Pekanbaru, Senin (13/5) pagi pukul 09.45 WIB. Disambut oleh Gubernur Riau Syamsuar dan Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, M. Diah serta sejumlah Kepala UPT di wilayah Pekanbaru di Ruangan VIP Lancang kuning Bandara SSQ II Pekanbaru, Kedatangan menkumham ini untuk melihat langsung Kondisi Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Siak pasca kerusuhan Sabtu (11/5) dini hari lalu.


sesaat setiba di Kota Pekanbaru, Menkumham Yasonna bersama Gubernur Riau, Syamsuar dan Kakanwil Diah dengan menggunakan Helikopter bergerak menuju Kota Siak Sri Indrapura, sampai di Siak, Yasonna langsung meninjau kondisi Rutan kelas II B Pekanbaru pasca kebakaran. Terlihat hampir sebagian besar bangunan Rutan telah menjadi puing puing.


terkait penempatan Warga Binaan/tahanan Rutan siak mengingat Kondisi Rutan siak yang sudah tidak dapat di operasionalkan pasca kerusuhan, menkumham menyampaikan untuk dapat segera mengaktifkan Lapas narkotika Rumbai.

Ricuh Antara Napi di Rumah Tahanan kelas II Siak hangus Dibakar Narapidana

https://www.newskpk.com/2019/05/ricuh-antara-napi-di-rumah-tahanan.html

"Untuk sementara kita akan evaluasi napi-napi  yang ada” imbuhnya “lapas narkoba memang belum siap betul, ya itu akan saya tinjau nanti. itu harus segera dibangun karena itu bisa menampung cukup lumayan nanti kalau diselesaikan, Ujar Menkumham


“Terjadi akibat over kapasitas, bukan hanya di Riau tetapi Sudah nasional. Karena pendekatan kita terhadap kejahatan narkoba sekarang betul betul menjadi masalah, seharusnya pemakai itu direhabilitasi. Bandar dan pengedar itu di hukum berat. Permasalahan narkoba ini seharusnya
Menjadi tanggungjawab semua stakeholder.” lanjut menkumham.


Menkumham mengharapkan kejadian seperti ini agar jangan sampai terjadi lagi, petugas harus mampu mengelola emosi dengan baik. Napi dan tahanan penuh dengan permasalahan pribadinya. Belum lagi permasalahan Over kapasitas di semua Lapas dan Rutan terutama Riau. Oleh karena itu KA.UPT, Ka.KPR dan Pejabat lainnnya harus memperhatikan SOP yg berlaku serta harus mampu menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi di UPT nya sampai selesai dan memahami tugas dengan baik, tidak hanya duduk2 di kantor, P2U kerja keras agar benda-benda terlarang tidak masuk ke lapas/rutan. Mental pejabat dan pegawai harus lebih baik, terbukti masih saja ada ditemukan permasalahan di lapas/rutan yang diakibatkan oleh arogansi.


selain melihat Kondisi Rutan Siak Pasca Kerusuhan, Yasonna juga menyempatkan diri untuk menjenguk Kepala Satuan Narkoba Polres Siak, AKP Jaelani di RSUD Siak yang tertembak saat kerusuhan terjadi.
.

Sebelumnya Rutan Kelas II B Siak ini mengalami kebakaran yang diakibatkan oleh warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang mengamuk dan membuat kerusuhan. kejadian bermula dari ditemukannya narkoba yang diduga jenis Sabu dalam lipatan baju atas nama Y di blok wanita oleh salah seorang pegawai rutan, yang berujung pada penggeledahan. Dari hasil penggeledahan tersebut, ditemukan 3 orang tahanan terbukti menkonsumsi narkoba yakni IM, Z dan D. Selanjutnya pada pukul 00.35 ketiga tahanan tersebut dimasukkan ke ruang hunian dengan pengawalan petugas. Namun Sekitar pukul 01.10 WIB, terjadilah pemberontakan oleh tahanan yang menjebol pintu blok sel tahanan.


Saat ini, 10 dari 648 tahanan dan narapidana masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Mereka kabur saat pembakaran terjadi. Untuk tahanan dan napi lainnya saat ini sedang dilakukan pemindahan oleh jajaran kanwil ke berbagai upt terdekat. Seperti,
1. Lapas Perempuan Pekanbaru 26 WBP
2. LPKA Pekanbaru 12 WBP
3. Lapas Bengkalis 45 WBP
4. Rutan Dumai 5 WBP
5. Lapas Pekanbaru 131 WBP
6. Rutan Pekanbaru 62 WBP
7. Lapas Bangkinang 164 WBP
8. Rutan Rengat 50 WBP
9. Lapas Narkotika  20 WBP
10. Lapas Pasir Pangaraian 100 WBP
11. Polres Siak 20 WBP
12. Polsek Siak 1 WBP
13. RSUD Siak 2 WBP
14. DPO 10 WBP


Saat ini Kantor Rutan Siak akan dipindahkan ke Rumbai untuk sementara. Anggaran pembangunan kembali di tempat lama atau pembangunan baru di tanah yang dihibahkan Pemda Siak akan dibicarakan di tingkat pusat. Diakhir kunjungannya, Yasonna Laoly berkunjung ke Lapas Narkotika yang berada di Rumbai Pekanbaru untuk meninjau keadaan dan kelayakan terkait pemindahan Rutan Kelas II B Siak.


/lp/S@/

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *