Notification

×

Iklan

Iklan

Pemda Pultab Gandeng UPPBJJ Untuk Kuliah Gratis

Sabtu | 5/08/2021 WIB Last Updated 2021-05-08T12:15:43Z


Maluku Utara, - Selain menggratiskan Perkuliahan putra - putri Daerah di Fakultas Kedokteran Universitas Khairun Ternate sejak Periode pertama, kini Bupati Aliong Mus kembali menggandeng salah satu Universitas terbuka di Maluku Utara, yakni Unit Pelayanan Pendidikan Belajar Jarak Jauh (UPPJJ) Ternate untuk menggratiskan Kuliah bagi masyarakat Taliabu di sebelas Jurusan yang dibuka universitas terbuka itu.


Hal ini dibuktikan dengan adanya penandatanganan MOU antara Bupati Pulau Taliabu Aliong Mus bersama Direktur UPPBJJ di Bobong sebelum waktu Sholat Jumat (07/05/2021) siang kemarin.


Dalam agenda tersebut, Bupati Aliong Mus menegaskan bahwa penandatanganan MOU yang dilakukan bersama direktur atau kepala UPPBJJ Ternate, Drs Efendi, M.Hum siang itu adalah untuk merealisasikan misi pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas Sumberdaya Manusia di Kabupaten Pulau Taliabu.

"Hari ini Alhamdulillah Pemda Taliabu dan Universitas Terbuka perwakilan Ternate Telah Melakukan Penandatanganan atau persetujuan bersama untuk beberapa jurusan yang nanti dibuka di Taliabu untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia" Katanya usai melakukan penandatanganan MOU bersama direktur UPPBJJ.


Bupati dua periode Aliong Mus menegaskan, dari sebelas Jurusan yang dibuka, pemkab Taliabu akan memfasilitasi sebanyak 25 orang putra putri asal Taliabu yang akan dibiayai dengan menggunakan APBD sehingga jika dikalikan dengan jumlah sebelas Jurusan makan dalam tiap tahun ajarannya pemkab dapat berkontribusi sebanyak 275 mahasiswa yang dibiayai dengan APBD nanti.


"Jadi kuliahnya online, satu jurusan kurang lebih 25 orang dan Pemda yang akan menanggung seluruh pembiayaannya sampai selesai. Kalau 25 orang perjurusan dikali 11 jurusan tadi berarti ada 275 mahasiswa yang akan dibiayai oleh Pemda untuk study lanjutan S1" jelasnya.

politisi Partai Golkar itu juga menegaskan bahwa dalam program tersebut, sudah menjadi barang Tentu bagi pemkab Taliabu untuk melirik siswa - siswi berprestasi, juga tenaga Honorer untuk para guru yang mungkin pengabdiannya sudah cukup lama untuk diprioritaskan kuliah di perguruan tinggi tersebut dan berharap setiap orang yang mendapat tiket untuk lanjut ke perguruan tinggi dalam program tersebut harus serius hingga meraih gelar sarjana.


"pendidikan merupakan salah satu visi misi saya dan pak ramli untuk meningkatkan sumberdaya manusia, harapan kami agar yang mau kuliah gratis harus benar benar serius, karena sekarangr ini dunia pendidikan cukup mahal, apalagi ini Pemda yang langsung mengalokasikan anggarannya untuk pendidikan gratis ini" pintanya sembari mengajak seluruh masyarakat Taliabu yang mau Kuliah agar siap siap mendaftar dan harus serius. 


Tak terpisah, Kepala Universitas Terbuka Unit Pelayanan Pendidikan Belajar Jarak Jauh (UPPJJ), Efendi, M.Hum mengatakan, untuk mengimplementasikan tri darma perguruan tinggi, UPPBJJ kerjasama dengan pemerintah kabupaten Pulau Taliabu dalam meningkatkan Sumberdaya Manusia dengan mencanangkan atau merencanakan untuk program studi yang sangat relevan untuk mininjau serta mensuppor keberhasilan pembangunan daerah di kabupaten Pulau Taliabu yang lebih khususnya adalah program pendidikan untuk Guru sekolah dasar (PGSD) dan Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD). Selain itu ada beberapa jurusan lainnya, seperti S1 Pertanian, S1 Perkebunan, administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, ilmu Hukum dan Informatika. 


"Kami dari universitas terbuka Ternate senantiasa akan memberikan layanan pendidikan yang sesuai dengan prosedur , sesuai dengan petunjuk dari rektor universitas terbuka di pondok cabe utamanya memperhatikan kondisi setempat  jadi pemberian layanan pendidikan itu disesuaikan dengan karakter kondisi mahasiswa setempat" katanya. 


Direktur UPPBJJ, Drs Efendi, M.Hum  yang didampingi  Dr.Muhlis Hafel,M.Si, dan  Muhbir Umasugi itu menilai bahwa sistem belajar jarak jauh dan online yang diterapkan UPPBJJ ini sangat sesuai dengan kondisi masyarakat dikabupaten pulau Taliabu yang masih jauh dari jangkauan Akademik sebab rentan kendali untuk kuliah di dunia kampus yang cukup jauh diluar daerah.


" jadi sangat sesuai dengan karakter mahasiswa yang ada di pulau Taliabu dimana jarak dengan perguruan tinggi sangat terasa sehingga dengan kehadiran UT ini akan tidak ada lagi kendala karena UT sampai di desa-desa berdasarkan ijin dari mentri pendidikan itu adalah jarak jauh. Dan kami upayakan untuk memberikan pelayanan yang maksimal sampai mahasiswanya selesai dengan menyandang gelar sarjana berdasarkan kompetensi kompetensi tadi yang sesuai dengan jurusannya" tegasnya,(Jek)

×
NewsKPK.com Update