Notification

×

Iklan

Iklan

Cegah Penyebaran Covid-19, TP PKK Kaur Gelar Cuci Tangan Serentak.

Rabu | 5/05/2021 WIB Last Updated 2021-05-05T11:49:56Z


Kaur,  Newskpk.com - Sepekan terakhir data yang dirilis satuan tugas (Satgas)  Covid19 kabupaten kaur melonjak,  menyikapi hal itu TP PKK Kabupaten kaur bekerjasama dengan dinas kesehatan kabupaten kaur melalui puskesmas tanjung kemuning menggelar cuci tangan secara serentak, bertempat di desa pelajaran dua kecamatan tanjung kemuning. Rabo 05 Mei 2021.


Kegiatan ini dibuka lansung oleh ketua TP PKK Kair Ny Popy Gusril di dampingi kepala dinas PP KB-PP dan PA Kaur,  Kepala Puskesmas Tanjung Kemuning,  Ketua TP PKK Kecamatan Tanjung Kemuning, Ketua TP PKK Desa Pelajaran Dua serta warga kecamatan tanjung kemuning. 


Dalam sambutannya Ny Popy Gusril menyampaikan beberapa manfaat cuci tangan dalam mengahadapi pandemi covid19. " Cuci tangan itu wajib agar kuman tidak menepel di tangan apalagi hedak makan,  sekarang di tengah pandemi covd19 cuci tangan adalah salah satu cara untuk mencegah penyebaran covid19. Cuci tangan harus dengan sabun anti bakteri agar kita terhindar dari virus covid19. Makan mari budayakan cuci tangan pakai sabun sehabis beraktifitas atau hendak beraktifitas serta kegiatan lainnya. Semoga warga kaur terhidar dari covid19" Tuturnya.


pandemi berlangsung di Indonesia, namun grafik kasus COVID-19 di Indonesia masih belum juga mengalami penurunan, bahkan kita bisa melihat kasus tersebut semakin meningkat dari hari ke hari. Hal ini tentunya menjadi alarm bagi masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan karena pandemi belumlah berakhir.


Setiap masyarakat harus selalu menerapkan langkah preventif demi terhindar dari paparan virus tersebut. Selain hidup  bersih dan menjaga daya tahan tubuh, penting untuk selalu menerapkan cuci tangan dengan cara yang baik dan benar.


Cuci tangan menggunakan sabun dan air atau menggunakan cairan pembersih berbasis alkohol dapat dengan ampuh membunuh virus yang mungkin menempel pada tangan Anda. Melakukan cuci tangan secara baik dan benar juga dapat membuat Anda tetap sehat dan mencegah penyebaran infeksi pernapasan dan diare dari satu orang ke orang lain. 


Apalagi, kuman dapat menyebar dengan cepat dari orang lain atau permukaan ketika Anda melakukan berbagai hal berikut: 


Menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda

Makan atau menyiapkan makanan dan minuman

Menyentuh permukaan atau benda yang terkontaminasi

Bersin atau batuk ke tangan dan kemudian tanpa sadar menyentuh tangan orang lain atau benda-benda

Lakukan Cuci Tangan Secara Benar Sesuai Rekomendasi WHO

Menurut WHO, untuk mencuci tangan secara benar dan bersih diperlukan waktu sekitar 20 hingga 30 detik. Berikut 7 langkah tepat dalam mencuci tangan menurut WHO untuk mencegah paparan infeksi virus, kuman, dan bakteri.

 Sementara pihak puskesmas tanjung kemuning lansung memberika tata cara cuci tangan yang baik dan benar,  berikut caranya. 


Basahi tangan dengan air bersih, kemudian tuangkan Saniter Hand Wash pada telapak tangan

Tangkupkan kedua telapak tangan, kemudian gosokkan Saniter Hand Wash yang telah dituangkan secara merata

Saling gosokkan telapak tangan kiri dan kanan Anda dengan jari yang saling terkait

Letakkan punggung jari pada telapak satunya dengan jari yang saling mengunci

Gosok ibu jari kiri secara memutar oleh tangan kanan dan lakukan sebaliknya

Kuncupkan jari-jari tangan kanan Anda, kemudian gosok memutar di telapak tangan kiri dan lakukan sebaliknya

Bilas dan keringkan menggunakan tisu atau kain bersih (SMI)

×
NewsKPK.com Update