Notification

×

Iklan

Iklan

Kementrian Agama Pulau Taliabu Peringati HAB ke-75

Rabu | 1/06/2021 WIB Last Updated 2021-01-06T12:32:31Z


BOBONG, - Departemen Agama (Depag) Pulau Taliabu, gelar peringati Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia ke-75. Selasa (5/1/2021).


Dalam pantaun medi, HAB ke-75 ini, dibarengi dengan kegiatan dengan tema "Indonesia Rukun". Kegiatan tersebut mulai dengan rangkaian acara, diantaranya Zikir Bersama (Istiqhosah), Deklarasi Kerukunan serta agenda pokok lainnya, yang dilakukan oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Madrasah Aliyah YPPT Lede serta TPQ se-Kecamatan Lede, Kabupaten Pulau Taliabu.


Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Pulau Taliabu H. Nasaruddin Aly. MM melalui Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha H. Kamarudin Abdul S.Sos mengatakan, dengan terlaksananya perayaan HAB kali ini, sebagai spirit bagi kehidupan yang saling menghargai demi terciptanya kerukunan antar umat beragama.


"Pelaksanaan Hab dimasa covid ini kita harus tetap menjaga jarak, pake masker, hindari kerumunan. Serta Dari perayaan Hari Amal Bhakti ke 75 ini, harapan kami di  Departemen agama Pulau Taliabu, marilah kita jaga kerukunan umat beragama, menerapkan moderasi kehidupan untuk menghilangkan perbedaan perbedaan yang ada, agar kita terus hidup rukun, dan dapat menjadi daerah yang maju," kata Kamarudin pada wartawan, Selasa (5/1/2021).


Lebih lanjut, Kementerian Agama Pulau Taliabu kepada Media ini menghimbau, Masyarakat  tetap menjaga keharmonisan antara sesama. Hal tersebut disampaikannya mengingat Kabupaten Pulau Taliabu seperti beberapa kabupaten kota lainnya juga baru saja menyelenggarakan Pemilihan umum Kepala Daerah (Pemilukada) yang dikhawatirkan atmosfer yang memanas pasca itu berimbas kepada renggangnya hubungan kekeluargaan dan kekerabatan


"Berkaca dari pemilu-kepemilu, hal tersebut sering terlihat, dimana karena berbeda pilihan , antara kakak beradik tidak bertegur sapa, begitu pula antara tetangga dan tetangga. Jadi kami berharap hal tersebut tidak lagi terjadi, karena kehidupan yang indah adalah ketika tak ada lagi sekat diantara sesama," tambahnya menerangkan.


Senada dengan itu, Gerakan Pemuda Ansor Pulau Taliabu yang disampaikan langsung oleh Ketua Cabang Anton Hardi S.I.Kom bahwa pesan dari pelaksanaan HAB adalah bagaimana kaum mayoritas mampu memahami sejauh mana hak dan kewajibannya.


Harapan yang disampaikan tersebut tidak terlepas dari konteks negara RI yang memiliki berbagai ragam Sisi kehidupan Baik segi Agama, Suku Dan Budaya, harusnya menjadi anugerah terindah dari Tuhan. "Bukan menjadi sekat dalam menjalankan kehidupan Karena menurutnya, agama kerapkali hanya dijadikan topeng kepentingan dari sekelompok orang. Padahal agama harus menjadi inspirasi, bukan ispirasi," uca Anton Hardi selaku Ketua GP Ansor Pulau Taliabu. ( Jek)

×
NewsKPK.com Update