Notification

×

Iklan

Iklan

Warga Masyarakat Gelar Aksi Di Perusahaan Operasi Penebangan Kayu

Kamis | 11/05/2020 WIB Last Updated 2020-11-05T13:33:32Z


LABUHA, - Lembaga Suadaya Masyarakat (LSM) kalesang anak NegerI (KANE) dan LSM peduli pembangunan (PP) bersama Masyarakat Desa Liyaro menggelar aksi di pertengahan antara Desa Silang dan Desa Liyaro Kecamatan bacan timur selatan, tempat perusahan CV. MAKURIO SANTOSA beroprasi  penabanggan kayu bulat.


 dalam orasi yang di sampaikan orator "Rijal sangadji" dan" kasim muksin". mendesak CV, "MAKURIO SANTOSA" yang beroprasi penabangan kayu bulat di areal desa silang dan desa liyaro kecamatan bacan timur selatan, kabupaten halmahera selatan provinsi maluku utara. sejak tahun 2017 sampai saat ini yang melewati jalan tani penghubung antara desa silang dan desa liyaro kecamatan bacan timur selatan halsel. meminta agar CV MAKURIO SANTOSA segera memenuhi tuntutan masyarakat. 


Pasalnya, alat berat milik CV MAKURIO SANTOSA selama beroprasi melewati jalan tani penghubung antara desa silang kecamatan bacan timur selatan dan desa liyaro kecamatan bacan timur selatan, halmahera selatan (halsel). provinsi maluku utara. Yang rusak parah tidak di perbaiki dan kayu yang sudah di tebang di dua (2) TPN berkisar seribu empat ratus(1,400) kisi tidak di bayar perusahan CV MAKURIO SANTOSA.


"tanaman masyarakat yang terkenal limbah perusahan tidak terbayar serta pihak perusahan tidak melakukan Rebolisasi Tanaman/penanaman ulang  dengan begitu ijin milik CV MAKURIO SANTOSA berakhir 30 Desember 2020, sehingga perusahan CV MAKURIO SANTOSA akan angkat kaki dari desa liyaro tampah ganti kerugian yang di alami masyarakat liyaro selama ini.


Salah satu kordinator aksi  "Risal Sangadji" dalam aksinya mendesak agar perusahan CV MAKURIO SANTOSA secepat mungkin memenuhi tuntutan masyarakat Desa liyaro yaitu,"


1. Segera memperbaiki jalan produksi yang terhubung antara desa silang dan desa liyaro (menimal jalan di sirtu)

2.  Segera melakukan pembayaran kayu yang sudah di tebang di dua (2) TPN sebanyak seribu empat ratus kisi lebih

3. Segera melakukan pembayaran tanaman masyarakat yang terkenal limbah masyarakat

4. Segera melakukan Rebolisasi Tanaman/penanaman kembali.


 Tuntutan masyarakat di sampaikan langsung oleh perwakilan masyarakat desa liyaro kecamatan bacan timur selatan. ketua LSM KANE Rijal sangadji (korlap), 10:06 wit. 5/11/2020.


Lanjut, dia Apabila tuntutan masyarakat tidak di indahkan maka seluruh aktifitas perusahan di hentikan sampai ke tingkat pemuatan. Tuturnya (kordinator aksi).


Jalan tani yang melintasi di tengah tengah perkebunan kelapa dan pala, merupakan akses masyarakat petani untuk memenuhi kebutuhan hidup sehingga masyarakat mendesak agar secepatnya memenuhi tuntutan masyarakat. 


Dengan begitu manejer CV MAKURIO SANTOSA berjanji akan memenuhi tuntutan masyarakat yang sudah di sampaikan langsung oleh mederator aksi selaku perwakilan masyarakat desa liyaro dengan batas waktu, 10/11/2020. Penulis Sukandi (tim)

×
NewsKPK.com Update