Notification

×

Iklan

Iklan

Masyarakat Desa Pencado Taliabu Melaksanakan Shalat Idul Fitri Di Mesjid & Seluruh Jama'ah Gunakan Masker

Minggu | 5/24/2020 WIB Last Updated 2020-05-24T04:01:24Z

TALIABU - Pemerintah Desa Pencado Kecamatan Taliabu Selatan Kabupaten Pulau Taliabu memberikan izin sesuai dengan instruk Pemda Taliabu, bahwa masyarakatnya untuk menggelar salat Idul Fitri di Mesjid Desa Pancado, dan Semua jama'ah Menggunakan Masker dengan catatan harus menerapkan untuk menjaga kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah Daerahnya.

Kepala Desa Pencado, Timutus Hidler Rette, mengatakan pembagian ribuan masker ini dimulai sebelum bulan suci Ramadhan Sasarannya adalah masyarakat yang hendak melaksanakan Shalat Jum'at dan membayar zakat fitrah di Masjid Pencado.

"Dari hari Jum'at pekan lalu, kita sudah mulai membagikan masker, saat ada masyarakat datang melaksanakan Shalat Jum'at kita berikan ia masker untuk nantinya bisa dipergunakan saat melakukan aktivitas baik didalam maupun diluar desa," Katanya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon selulernya, Minggu (24/05/2020).

"Kebijakan itu, tertuang dalam Surat Edaran tentang Pelaksaan Ibadah Shalat Idul Fitri dalam Situasi Terjadinya Pandemi COVID-19.

Tertera pula, kebijakan di mana masyarakat yang sedang sakit atau berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), orang yang dari luar kota, yang sedang menjalankan karantina, diharapkan melakukan salat Idul Fitri di rumah masing-masing.

Pantauan media ini, Minggu 24 Mei 2020 dilakasi pelaksanaan shalat Idul Fitri  Mesjid Pencado Kecamatan Taliabu Selatan, diupayakan digelar di mesjid, dapat dilaksanakan dengan memperhatikan kesehatan anda.

Hal itu seperti menjaga jarak minimal 1 meter, mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir sebelum wudlu, membawa alas sujud masing-masing, menggunakan masker. Dan yang terpenting tidak bersalaman atau mushofaha yang menyebabkan bersentuhan anggota badan.


Selain itu, pelaksanaan kegiatan salat ldul Fitri hanya dilaksanakan di lingkungan masing-masing. adapun meminta pelaksanaannya bisa lebih dipersingkat dan tidak terlalu lama.

Jadi perlu ditekankan pelaksanaan shalat Idul Fitri, baik di lapangan, di masjid maupun di rumah harus tetap melaksanakan protokal kesehatan serta mempersingkat pelaksanaannya." ( Jak)
×
NewsKPK.com Update