Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

13 Desa Taliabu Barat, Baru 9 Desa di Salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

Rabu | 5/13/2020 WIB Last Updated 2020-05-13T14:43:26Z

NEWKPK, TALIABU - Kepala Pemerintahan Kecamatan Taliabu Barat (Talbar) Kabupaten Pulau Taliabu, Dince Muhdin mengatakan dari 13 Desa yang tersebar  di kecamatan Taliabu Barat, baru 9 Desa yang telah realisasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD). 9 Desa Tersebut masing - masing Desa Holbota, Desa Kramat, Desa Meranti Jaya, Desa Lohok buba, Desa Limbo, Desa Bobong, Desa, Wayo, Desa pancoran, Desa Kawalo, dan Desa Woyo.

Dari sembilan desa tersebut, jumlah Realisasi BLT terbesar adalah Desa Woyo , yang merealisasikan BLT sebesar Rp 64.200.000, atau sebanyak 107 Kepela Keluarga, sementara Desa Kawalo berada pada peringkat dua dengan jumlah Realisasi BLT sebanyak 105 KK.

Sementara tiga desa yang belum merealisasi BLT ke masyarakat adalah Desa Talo, Desa Kilong, dan Desa Ratahaya.

Meski demikian Dince mengaku desa Talo dan desa Kilong telah mengagendakan pembagian BLT kepada masyarakatnya pada kamis (14/5) hari ini , sementara Desa ratahaya terpaksa menunggu pencairan DD tahap II sebab DD tahap satu telah terpakai untuk program prioritas sesuai hasil musdes sebelumnya.

" di Taliabu barat baru 9 Desa yang sudah merealisasi BLT ke masyarakat, jadi tersisa 3 desa saja yang belum di realisasi, tapi dari 3 desa itu pula, dua desa sudah menjadwalkan penyaluran BLT besok (hari ini)" bebernya.

Dince mengaku belum mengetahui alasan kades ratahaya belum merealisasikan Dana Desa.
 Kepada media ini (13/5) kemarin kepala Desa Ratahaya, Jefanya Khumagap mengaku belum dapat merealisasikan BLT dana desa lantaran Dana Desa tahap pertama telah terpakai sesuai program prioritas hasil musyawarah desa.

" kami di ratahaya terpaksa menunggu DD tahap dua cair dulu baru bisa salurkan BLT, karena pencairan tahap pertama kemarin itu sudah digunakan untuk program hasil musdes setelah itu baru torang tau ada instruksi untuk BLT itu jadi musti menunggu DD tahap dua cair baru kita realisasi BLT untuk bulan april dan bulan mei" jelas Kades Ratahaya, Jefanya Khumagap.

Meski demikian, Menurut Jefanya, pihaknya telah menggelar musdes terkait jumlah penerima BLT di Desa Ratahaya, dan sebagai hasilnya di usulkan penerima BLT desa ratahaya sebesar 50 orang, namun ia memastikan angka itu masih dapat bertambah menjadi 60 orang karena pihaknya saat ini juga lagi melakukan singkronisasi data ke Dinas sosial Dan PMD.

" sesuai hasil musdes diusulkan 50 penerima BLT, tapi angka itu masih bisa bertambah menjadi enam puluan karena kita masih kase singkronisasi data, saya yakin masih bisa bertambah" jelasnya.

berdasarkan informasi data yang dihimpun media ini, jumlah penerima BLT rata - rata perdesa di kecamatan taliabu barat berada dibawah angka 90 penerima, hanya dua desa yang memiliki jumlah diatas seratus penerima BLT, yakni Desa Woyo sebesar 107 penerima BLT dan Desa Kawalo sebesar 105 penerima BLT, ( *JK*)
×
Berita Terbaru Update