Notification

×

Iklan

Iklan

Upaya Pencegahan Infeksi Virus Corona DI PTPN IV PKS Bah Jambi

Rabu | 4/01/2020 WIB Last Updated 2020-04-01T09:03:23Z

Simalungun-Sumut. Mungkin kita sudah setiap hari mendengar dan melihat informasi mengenai Covid-19 yang disebabkan oleh infeksi virus corona baru (2019-nCov). Namun,banyak juga di antara kita yang belum sepenuhnya memahami seperti apa sesungguhnya virus yang pertama kali terdeteksi di Kota Wuhan, Hubei, China ini.

Bukannya menjadi waspada, ketidaktahuan itu seringkali menimbulkan ketakutan dan kepanikan yang berlebih di tengah masyarakat. Adapun gejala umum yang ditunjukkan seseorang terinfeksi virus corona adalah demam, merasa mudah lelah, dan batuk kering. Namun, pada beberapa kasus infeksi, pasien virus corona juga ada yang mengalami pilek, sakit tenggotokan, hidung tersumbat, atau diare.

Beberapa yang lain melaporkan kehilangan indra penciuman atau kemampuan untuk merasakan atau membaui sesuatu. Sekitar 80 persen penderita menunjukkan gejala ringan, hanya seperti flu biasa. Mereka ini bisa sembuh dengan sendirinya tanpa membutuhkan pengobatan khusus. Mengingat belum ada obat atau vaksin yang ditemukan untuk mengobati penyakit ini, maka sejauh ini kasus Covid-19 yang berhasil disembuhkan sepenuhnya tergantung pada kekuatan sistem imun tubuh.

"Untuk langkah antisipasi atau upaya pencegahan infeksi virus corona di PTPN IV PKS Bah Jambi dilakukan dengan mempedomani protokol dari PTPN IV yakni melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). PKS Bah Jambi melengkapi fasilitas penyemprotan disinfektan untuk kendaraan yang masuk ke area PKS, menyediakan cairan antiseptik / hand sanitizer, melakukan pengecekan suhu tubuh saat memasuki kantor, melakukan kegiatan berjemur di pagi hari dan untuk kantor PKS juga telah dilaksanakan penyemprotan oleh PMI Siantar", terang Rudy H Simatupang kepada reporter ini melalui selular.(RU)
×
NewsKPK.com Update