Kadis Kesehatan Pultab Optimis Lulus Terakreditasi Puskesmas Losseng

Kadis Kesehatan Pultab Optimis Lulus Terakreditasi Puskesmas Losseng

Senin, 09 Desember 2019, 17.59
TALIABU -  Wakil Bupati Kabupaten Pulau Taliabu , " Ramli dan beberapa OPD Lintas Sektor, Kepala Kantor Kecamatan Taliabu Timur Selatan , Kapolsek Taliabu Timur Selatan dan Kepala Desa Losseng Menghadiri Kegiatan  Program Dinas Kesehatan ,Survei akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama  Puskesmas Losseng Kecamatan Taliabu Timur Selatan tahun 2019.

 Untuk tahun 2019 ditargetkan sebanyak empat Puskesmas dilaksanakan survei akreditasi.

Saat ini, Tim dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) telah melaksanakan survei akreditasi Puskesmas Desa Loseng Kecamatan Taliabu Timur Selatan  Senin 09/12/2019. Pukul 10.00 Wit.

Dikatakan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu," Kuraisiya Marsaoli , pelaksanaan survei Akreditasi Puskesmas ini merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas menyatakan dalam upaya peningkatan mutu pelayanan, Puskesmas wajib diakreditasi secara berkala paling sedikit tiga tahun sekali.

Menurut Kadis Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu , akreditasi terhadap Pusat Layanan Kesehatan (Puskemas) bertujuan untuk guna meningkatkan mutu pelayanan publik di bidang kesehatan.

Survei akreditasi setiap Puskesmas dilaksanakan selama tiga hari oleh tiga surveior yakni Surveior Administrasi Manajemen (Admen)  Pastina R Sihotang ,S.Kp., M.Kes dari  Jakarta Selatan, Ketua Surveior Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM)  Ni Nengah Sekarwati, SKM   dari  Jembrana
 serta Surveior Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) Dr.dr. Manuputty Jacob, MPH  dari Kota Ambon


Diterangkan Kuraisia, kegiatan akreditasi Puskesmas merupakan pengakuan terhadap dari Lembaga Independen Penyelenggara Akreditasi yang ditetapkan Menteri Kesehatan. Apalagi, salah satu untuk bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional, maka Puskesmas harus terakreditasi.

 Puskesmas  Losseng telah disurvei yakni Puskesmas  Kecamatan Taliabu Timur Selatan dan Puskesmas Nggele Kecamatan Taliabu barat laut . Hasil cukup membanggakan

Hari ini Puskesmas Losseng dan hari kamis nanti Puskesmas  nggele Kemudian  di desember 2019 nanti , direncanakan Puskesmas Samuya  Kecamatan Taliabu Timur dan Puskesmas Gela  Kecamatan Taliabu Utara akan disurvei.

“Besar harapan agar puskesmas-puskesmas yang sedang dan akan disurvei ini semuanya bisa lulus akreditasi dan mendapatkan status akreditasi yang lebih baik lagi,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu . Ungkap ," Kuraisia

Kuraisia,juga memberikan penghargaan kepada seluruh kepala Puskesmas beserta staf yang terlibat secara aktif untuk mendukung proses persiapan akreditasi. Diharapkan dengan adanya pelaksanaan akreditasi ini kinerja Puskesmas lebih baik sehingga Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan di Kabupaten Pulau Taliabu yang merupakan indikator Pemerintah Daerah dapat tercapai serta kesadaran masyarakat untuk berobat ke Puskesmas semakin meningkat mutu pelayanannya.Tutupnya

Reporter : Rjk

TerPopuler