HEADLINE NEWS

Aceh Tamiang Launcing Bank Sampah Upaya meningkatkan Nilai Ekonimis Sampah

Aceh, Tamiang - Sampah sering digadang-gadang masalah yang susah di atasi,terutama di negara maju di dunia,hal tersebut bukan hanya  menjadi masalah bagi Indonesia,melainkan persoalan  Global dunia.

Akibatnya dampak buruk yang diakibatkan sampah, sudah selayaknya penanganan sampah dipandang secara fokus dan serius.

Menyikapi serius persoalan tersebut,Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Lingkungan Hidup membuka Launcing Bank Sampah Induk Aceh Tamiang,peluncuran Bank Sampah tersebut mengusung tema “Dulu Sampah Sekarang Berkah, digelar  di TPA Kampung Durian Kecamatan Rantau. Selasa, 05/11/19.

Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST,dalam  sambutannya menekankan pentingnya mengubah paradigma masyarakat, pola fikir terhadap sampah bukan hanya sebagai limbah sisa buangan atau penghasil polusi, namun sampah juga dapat menjadi berkah yang membawa nilai ekonomis penghasil rezeki,jika dikelola dan dimanfaatkan.selain upaya memanfaatkan sampah dapat membuat lingkungan bersih serta sehat.

“Anggapan masyarakat sebagaian besar masih terpaku pada sampah sebagai barang yang tidak berguna dan tidak bisa dimanfaatkan, ini harus diubah mindsetnya,” ungkapnya.

Diharapkan dengan Peluncuran Bank Sampah, kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap lingkungan dapat meningkat, Intinya, masyarakat harus  memanfaatkan hal-hal yang bermanfaat,seperti persoalan sampah,jika dimanfaatkan maka dapat menjadi berkah, pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Tamiang, Sayed Mahdi, menjabarkan manfaat Bank Sampah bagi manusia dan lingkungan hidup,selain menciptakan lingkungan bersih,  sampah juga dapat menjelma menjadi  peluang bisnis yang menggiurkan,dengan nilai ekonomis yang baik

“Kita harus mengubah gaya hidup,hidup di era teknologi maju,berfikir juga harus maju,masyarakat sudah saatnya mengambil andil dalam mengurangi sampah di bumi, terutama sampah berbahan plastik yang memang sulit terurai,” tutup Sayed.

L/p: Aby Azzam

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *