Notification

×

Iklan

Iklan

Danlanal Simeulue Pimpin Upacara HUT TNI AL Ke 74 Di Markas Komando Lanal Simeulue

Selasa | 9/10/2019 WIB Last Updated 2019-09-10T05:34:04Z
Simeulue --- Pangkalan Angkatan Laut Simeulue dibawah Pangkalan Utama Angkatan Laut I Belawan melaksanakan upacara HUT TNI AL ke 74 di Markas Komando Lanal Simeulue, Selasa (10/09/2019).

Tema Upacara Peringatan HUT ke-74 TNI AL tahun 2019 adalah “Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun SDM Unggul, Fondasi Indonesia Maju”.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, SH.,MM. dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Danlanal Simeulue Letkol Mar Wempi, M.Tr. Hanla, M.M. menyampaikan selama 74 tahun, TNI AL  telah menunjukkan jati dirinya sebagai komponen pertahanan negara yang tangguh di tengah perubahan lingkungan strategis yang kian dinamis.

Selama ini pula, TNI AL telah terlibat dalam menjamin kepentingan maritim indonesia, terutama pada pelaksanaan tugas sesuai amanat undang-undang, pasal 9 undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI. Dalam pasal tersebut diatur lima tugas TNI AL, yakni bidang pertahanan matra laut, penegakan hukum dan keamanan maritim, diplomasi maritim, pembangunan dan pengembangan kekuatan maritim, serta pembinaan wilayah pertahanan laut.

Beberapa langkah dan strategi baru telah diterapkan, agar secara efektif dapat memenuhi komitmen TNI AL kepada bangsa dan negara. Komitmen ini ditujukan untuk membuat struktur kekuatan Angkatan Laut agar lebih effisien dan selalu berorientasi pada hasil serta kesiapan operasi.

Menurutnya, modernisasi alutsista yang ditujukan untuk mencapai kesiapan tempur telah ditata dalam perencanaan strategis TNI AL 5 tahun kedepan dalam kerangka kekuatan TNI AL  yang selalu siap dioperasionalkan atau dikenal dengan Operational Ready Force.

Perlu kita sadari bersama, bahwa kekuatan pertahanan sebuah negara terukur dalam komponen konseptual, fisik dan moral dengan faktor sumber daya manusia sebagai tulang punggungnya keunggulan SDM TNI AL. Tuntutan tersebut sudah tidak dapat dltawar-tawar lagi.

“Kita semua berikeinginan agar TNI AL diawaki oleh prajurit yang terlatih, terdidik, dilengkapi secara baik dan dijamin kesejahteraannya sesuai dengan jati diri prajurit TNI sebagai tentara profesional.

Dibagian akhir amanatnya, Kasal menekankan personel TNI AL untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada Allah SWT, membangun SDM TNI TNI AL yang unggul sebagai prajurit profesional yang berpedoman pada Sumpah Prajurit, Sapta Marga, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI AL.

Kemudian tetap dalam kesiagaan untuk mampu menghadapi tantangan global yang kompleks dan dinamis dengan mengembangkan pola pikir dan pola tindak yang adaptif, produktif, inovatif dan kompetitif. Terus mengobarkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa dengan semua lapisan masyarakat, mengembangkan intuisi dan naluri tempur sebagai prajurit matra laut serta menanamkan nilal-nilai maupun tradisi TNI AL dalam kehidupan sehari-hari."Tutup Danlanal Simeulue.

Upacara HUT TNI AL ke 74 tahun 2018 diikuti oleh seluruh personel Lanal Simeulue dan Ibu Jalasenastri Cabang 8 Korcab I Armada I.[Monanda Phermana]
×
NewsKPK.com Update