Notification

×

Iklan

Iklan

Viral, Warganet Kecam Dispora Taliabu

Minggu | 7/14/2019 WIB Last Updated 2019-07-14T08:35:45Z
Taliabu, newskpk.com- Warganet di TC (Taliabu Community) kembali di gegerkan oleh postingan salah satu akun FB yang menampilkan 'kesengsaraan' Kontingen Tim Sepakbola usia berjenjang yang mengikuti kejuaraan Piala Menegpora di Tidore.

Sontak dalam beberapa jam postingan ini menjadi viral Tidak sedikit warganet mengecam sikap dan tindakan Dispora Taliabu,  padahal disinyalir untuk kegiatan ini anggarannya ratusan juta.

Postingan tersebut menampilkan Tim Kontingen sepakbola Taliabu dan Kamar tidur yang sangat tidak layak.

Hasil telusur jurnalis, menemukan bahwa Kamar dalam postingan tersebut adalah rumah salah satu staff Dispora Taliabu di Ternate. Kamar dengan kondisi yang tidak layak itu kontan menjadi perdebatan warganet di TC.

Berikut itu hasil wawancara _via telepon selurer_ dengan Kabid. Olahraga Dispora Taliabu BPK. Martani Jaya.

"Kami sementara masih di Ternate, jujur Saya sedih melihat realita yang ada, Saya yang seharusnya sebagai Ketua Tim sesuai Tupoksi Saya tidak bisa berbuat apa-apa, semua di kuasai Pak Bendahara, sampai saya pun heran., tutur Pak Kabid.

Kisruh pengelolaan Anggaran di Dispora Taliabu memang sudah tercium mulai pelaksanan Kegiatan Olahraga pada Hut. Kabupaten, anggaran ratusan juta diduga banyak diselewengkan.

Sementara terkiat dengan tindakan Bendahara Dispora Taliabu yang melampaui tugas dan wewenangnya sebagaimana diatur dalam Permendagri 13/2006 jo. 59/2007 dan jo. 21/2011 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah pada pasal 220 ayat (1&10) maka ini jelas terjadi 'kesalahurusan'.

Bendahara Keuangan Pengeluaran pada SKPD hanya bertugas mencairkan anggaran dan mempertanggungjawabkannya dalam satu pelaporan. Bukan Kemudian ikut berdiri dipinggir lapangan atau mengambilalih _jobdesk_ Kepala Bidang.

Hal ini kemudian yang sangat disesalkan Kabid Martani Jaya. Lebih lanjut beliau mengatakan, _"semua diambil alih Bendahara baik transportasi, akomodasi, konsumsi, Itu kenyataannya. Bendahara seperti tidak tahu diri begitu...ini saya punya kegiatan, tapi kenyataan dilapangan demikian, ujar Martani Kecewa.

Sementara itu, Bendahara yang dimaksud melakukan bantahan melalui Akun FB ChelsiYhanty dan balik menuding Kabid Olahraga Dispora Taliabu tidak amanah, kerap mengatur kegiatan tidak jelas sehingga Kadispora Taliabu mengutus dirinya Pimpin kegiatan tersebut.

Disisi lain apapun alasan Kadispora dan Bendahara Dispora Taliabu tidak dapat dibenarkan, karena setiap SKPD jelas tupuksi tugas dan tanggung jawabnya.

Sampai berita ini di turunkan Tim Kontingen Sepakbola Usia Benjenjang Piala Menegpora masih tertahan di Ternate.( Rjk)
×
NewsKPK.com Update