HEADLINE NEWS

3 Tahun Kasus Korupsi 4 Miliar Dana Desa di Polda Malut Tidak Jelas, Pemuda Maluku Minta Kasusnya di Tangani KPK Saja

Malut - Sesuai dengan intruksi Presiden Jokowi adalah menyikapi dana Desa yang harus di awasi dengan semua kalangan karena rentan di salah gunakan.

Kepolisian Daerah Provinsi Maluku Utara (Polda Malut) diduga  tidak serius menangani kasus dugaan korupsi dana desa (DD) yang diduga kuat melibatkan orang nomor satu di Kabupaten Pulau Taliabu.

Dana Desa dalam pendekatan apapun merupakan keseriusan pemerintah pusat dalam hal ini Presiden Jokowi Dodo untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi kerakyatan sebagaimana diatur dalam UU NO 6 Tahun 2014.

Namun hal tersebut tidak demikian bagi rakyat Taliabu yang mana sebanyak 71 desa dananya dipangkas sebanyak 60 juta desa hingga mengakibatkan ada indikasi dana tersebut dinikmati oleh segelintir orang dilingkup Pemda Pulau Taliabu.

Semua kepala desa dan bahkan direktur CV. Safaat Perdana yang menjadi penanggung jawab atas pemotongan dana desa tersebut yang  telah ditetapkan tersangka oleh Polda Malut.

Namun sampai saat ini belum ada perkembangan kasus tesebut sudah sampai dinmana ? Hal ini ada indikasi Polda Malut takut Pemda Pulau Taliabu sebab sampai saat ini belum ada perkembangan kasus ini, padahal diduga kuat aliran dana sebanyak 4 miliar lebih dari pemotongan dana desa itu mengalir ke rek pribadi.

Peristiwa ini manakala dilihat dari aspek UU tindak pidana korupsi No 20 tahun 2001 sesungguhnya apa yang kemudian terjadi di pulau taliabu telah memenuhi unsur untuk menjemput paksa Bupati Pulau Taliabu yang sudah dua kali mangkir dari panggilan polda malut.

Olehnya itu kami atas nama Front Perjuangan Pemuda Taliabu Anti Korupsi Provinsi Maluku Utara mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera ambil alih dugaan tindak pidana korupsi anggaran pendapatan belanja negara (APBN) yang sudah parkir kurang lebih 3 tahun di meja hijau Polda Malut dan mendesak Dirkrimsus Mabes Polri agar mengevaluasi Ditreskrimsus Polda Malut.

Awaludin Tarasa
Fungsionaris Front Perjuangan Pemuda Taliabu Anti Korupsi

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *