Notification

×

Iklan

Iklan

Polres Simalungun Lakukan Penilaian Indeks Tata Kelola, Berbagai Elemen Dilibatkan

Selasa | 7/09/2019 WIB Last Updated 2019-07-09T15:18:01Z
Simalungun-Sumut-Polres Simalungun melaksanakan penilaian terhadap Indeks Tata Kelola (ITK) dan kinerja Polres. Kegiatan penilaian ini melibatkan seluruh perwakilan elemen masyarakat mulai dari tokoh Agama, tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, wartawan, tokoh pemuda dan berbagai instansi di Kabupaten Simalungun, kegiatan ini berlangsung di Aula Andar Siahaan Polres Simalungun, Selasa, 9/7/2019 pagi.

Kapolres Simalungun AKBP. M. Liberti Panjaitan, SIK dalam pembukaannya mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih kepada para undangan dari berbagai elemen masyarakat yang sudah hadir dalam acara Penilaian Indeks Tata Kelola kinerja kepolisian, khususnya Polres Simalungun. Dirinya berharap dengan Penilaian ITK yang di lakukan oleh pihak Eksternal ini dapat meningkatkan kinerja dan kepercayaan masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Simalungun", jelas Liberty.

Ketua tim Penilaian ITK AKBP. SAJIMIN, SIK dari Bagian Kemitraan ITK Mabes Polridi dampingin tim penilai independen Arief Nurdiansyah, S.I.P, dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan ITK ini diuji coba dengan melakukan ITK melalui online dan kuisioner manual dengan kertas.

"Indeks ini salah satu alat ukur tata kelola Polri di tingkat kewilayahan polda dan polres. Polri punya tugas yang besar untuk bersinggungan dengan masyarakat, itu lah upaya kita dengan melakukan indeks ini", terangnya.

Ia menjelaskan penilaian ITK Polri tahun 2019 ini nantinya sangat bermanfaat tidak hanya untuk internal kepolisian tetapi secara eksternal. Bahkan dengan penilaian yang melibatkan pihak eksternal, merupakan sejarah dalam penilaian di tubuh Polri.

"Manfaat dari penilaian ini di antaranya kesiapan menuju zona integritas, perbaikan pelayanan publik. Indeks ini akan menjadi tolak ukur nantinya dalam pelaksanaan tugas polri ke depan", ungkapnya

Ia juga menjelaskan tujuh prinsip-prinsip dasar penilaian terhadap ITK dan kinerja Polri, yakni Kompetensi, Responsif, Prilaku, Transparan, Keadilan Efektifitas dan Akuntabilitas.

Hadir pada acara Penilaian Indeks Tata Kelola kinerja Polri tersebut diantaranya, Waka Polres Kom. Zulkanaen Pane, KabagOps. Kom. R. G Sitinjak, Kabag Ren. Kom. Drs Natanael Panjaitan, Kabag Sumda. Kom. K. Manurung, Para Kasat, Kanit, dan personil Polres lainnya. Dari eksternal diantaranya, Tokoh Agama, OKP, Perwakilan Pemerintah Kabupaten Simalungun, Kepala BIN Kabupaten Simalungun, Kepala BPN, Pasi Intel Kodim 0207/Sml, LSM dan Wartawan.

"Kita harapkan ini menjadi keterwakilan masyarakat terhadap pelayanan yang ada di polres Simalungun. Sehingga apapun penilaian terhadap kita, sekecil apapun itu menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat", pungkasnya.

Tim Indeks Tata Kelola kemudian melakukan pengecekan di Pelayanan SPK Polres Simalungun, Pelayanan pembuatan SKCK, dan Pelayanan Pembuat SIM di Satuan Lalu Lintas Polres Simalungun. (Umri)
×
NewsKPK.com Update