Notification

×

Iklan

Iklan

Belasan Tahun PDAM Rote Ndao Habiskan Dana Miliaran Tanpa PAD, APH diminta Segera Telisik

Minggu | 11/05/2023 WIB Last Updated 2023-11-05T06:23:45Z


ROTE NDAO - Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Rote Ndao, Didik P.B. Messakh, dengan resmi mengumumkan penyesuaian tarif baru yang segera diberlakukan. 


Hal tersebut diumumkan dalam konferensi pers, di kantornya, didampingi Adam Lani, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Pelayanan Pelanggan PDAM, Kamis (2/11). 


Kenaikan ini bukan untuk kepentingan kami dari PDAM. Tapi ini untuk menunjang pelayanan kepada konsumen,” kata direktur PDAM Rote Ndao, Didik P. B. Messakh, dalam konferensi pers, Kamis (2/11). 


“Dari tahun 2013, kita baru lakukan penyesuaian harga. Jadi selama 10 tahun, PDAM masih pakai tarif lama,” ungkapnya. 


Apa yang dipublikaikan oleh direktur PDAM Rote Ndao, Didik P. B. Messakh,menjadi pertanyaan besar pasalnya 18 tahun PDAM Rote Ndao berdiri dengan jumlah pelangan dari seratus konsumen hinga kurang lebih tujuh ribu pelangan namun sama sekali belum menghasilkan PAD bagi Kabupaten Rote Ndao. 


Padahal semenjak Tahun 2008 PDAM Rote Ndao mendapatkan Kucuran dana dari Pemda senilai 3. Milyar .selanjutnya 2009 1 Milyar dan sejak 2010 sampai 2023  saat ini pertahunya 500 juta rupiah , total anggaran  dari Pemda mencapai kuran lebih belasan Milyar terkuras. 


Ironisnya meskipun setiap tahun Pemda Kabupaten Rote Ndao,memberikan dana senilai 500 000 juta pertahun ditambah Jumlah pembayaran dari Konsumen juga PDAM Kab Rote Ndao sama sekali belum menghasilkan PAD. 


Seluruh dana Penyertaan dari Pemda maupun Jumlah Pembayaran dari Konsumen semata mata hanya untuk kepentingan Pembiayaan PDAM Tanpa PAD. 


Bahkan jumlah pendapatan Rata rata pertahun dan jumlah keseluruhan konsumen Rumah tangga B tidak diketahui jumlah yang pasti hal tersebut terungkap ketika Pihak PDAM Kab Rote Ndao mengelar jumpa pers dalam rangka kenaikan tarif beberapa waktu lalu. 


Yang lebih parah lagi adalah Pemda memberikan Penyertaan Modal setiap tahun senilai 500 juta rupiah namun Pelayanan PDAM Rote Ndao,masih sangat dibawah maksimal dikarenakan air sering padam Akibat Kerusakan Alat milik PDAM 


Untuk itu maka Aparat Hukum dalam hal ini Pihak Polres Rote Ndao,kejaksaan Negeri baa diminta segera menindak lanjuti

Pasalnya dana miliaran milik darrah telah terkuras oleh PDAM Rote Ndao,dan sampai saat ini tanpa PAD (AL)

×
NewsKPK.com Update