Notification

×

Iklan

Iklan

Kreung Nagan Rentan Erosi, Pimpinan DPRA Angkat Bicara

Jumat | 10/27/2023 WIB Last Updated 2023-10-27T14:16:32Z


Newskpk.com- Berkaitan dengan adanya sejumlah keluhan dari berbagai pihak, mengenai kondisi sungai krueng nagan saat ini, dimana erosi masih menjadi permasalahan Daerah Aliran Sungai (DAS) utama tersebut. 


Dan apabila dibiarkan dikhawtirkan akan menjadi bencana serius dikemudian hari. Saat ini sebenarnya banyak yang perlu dilakukan oleh instansi terkait seperti Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera I. Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk menjaga kelestarian lingkungan di DAS krueng nagan serta kerusakan tempat tinggal maupun bangunan lainnya milik warga sekitar yang berdekatan dengan bantaran sungai. 


Bantaran sungai yang saat ini perlu segera dilakukan perbaikan salah satunya yaitu berada di gampong meunasah pante kecamatan beutong kabupaten nagan raya propinsi aceh. 



Kerusakan yang semakin parah telah membuat warga menjadi resah, dan sebaiknya dapat segera dilakukan perbaikan. 


Media newskpk com melalui wartawan biro aceh setelah menerima informasi dari warga, langsung mendatangi lokasi untuk memastikan kondisi DAS yang dimaksud.


Dan setelah itu atas permintaan warga agar kiranya dapat memberitahukan permasalahan ini kepada instansi terkait atau juga kepada salah seorang wakil nya di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA). 


Berdasarkan hal tersebut wartawan media newskpk biro aceh coba menghubungi salah seorang dari perwakilan masyarakat nagan raya ditingkat propinsi aceh, yaitu DR. Teuku Raja Keumangan, SH. MH atau yang akrab disapa TRK, melalui telpon seluler jum'at (27/10/2023) siang. 


Saat dikonfirmasi, TRK yang kini berstatus Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPRA) dimana beliau menjabat sebagai wakil ketua II di lembaga tersebut, dikatakannya, bahwa dirinya telah memiliki data yang diperoleh saat kegiatan reses dan kunjungan lainnya beberapa waktu lalu dengan beberapa, camat, keuchik dan juga tokoh masyarakat, terkait bermacamnya permasalahan yang terjadi di DAS krung nagan, maka untuk itu pihaknya pun tengah mendorong dan meminta supaya instansi terkait yaitu Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera I Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR agar dapat berkenan meninjau langsung ke lapangan terkait dengan segala kelayakan fasilitas yang dimiliki DAS krueng nagan baik yang di hulu tengah maupun hilir, terutama pada DAS yang melintasi desa meunasah pante kecamatan beutong di nagan raya propinsi aceh, yang rentan erosi digerus derasnya akuran arus sungai utama tersebut. 


"Saya selaku wakil rakyat di dpra meminta kepada BWS Sumatera I agar dapat meninjau langsung dan membenahi kerusakan bantaran sungai utama krueng nagan karena erosi yang semakin melebar dan membuat warga sekitar menjadi resah terkena dampaknya," pintanya. 


Politisi partai golkar itupun berharap rentannya erosi di DAS krueng nagan bisa segera diatasi oleh para pemangku kepentingan, mulai dari hulu, tengah, hilir hingga kemuara laut, harapnya. Dan untuk itu saya siap membantu apabila dibutuhkan, tutupnya. 


Kondisi bantaran DAS yang ada di gampong meunasah pante rentan erosi akibat digerus derasnya arus air sungai, dan semakin melebar hari demi hari apalagi saat musim hujan, juga dibenarkan oleh Islaini,SE selaku keuchik setempat. Saat dimintai keterangannya, jum'at (27/10/2023])siang. Pak ih sapaan akrabnya mengatakan '' Iya benar' erosinya sudah semakin meresahkan warga disekitar bantaran sungai dan maunya sih segera ditangani oleh instansi terkait karena sudah semakin parah, takut terjadi hal yang tidak diinginkan, tuturnya. (Mr)

×
NewsKPK.com Update