Notification

×

Iklan

Iklan

Dukung Petani, Pemdes Benua Ratu Bangun Saluran Irigasi

Sabtu | 6/03/2023 WIB Last Updated 2023-06-02T23:49:14Z


Kaur, Newskpk.com - Krisis pangan dunia bukan sekedar isu namun demikian sudah beberapa negara dunia dilanda krisis pangan. Indonesia dalam hal ini sangat serius untuk mengantisipasi krisis pangan nasional sehingga anggaran yang di lontarkan melalui APBN tidak sedikit bahkan mencapai triliunan rupiah, termasuk pada dana desa.


Menyikapi hal demikian Pemerintah Desa Benua Ratu Kecamatan Luas Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu membangun sejumlah saluran irigasi sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah pusat dalam mengantisipasi krisis pangan nasional, Hal ini berkesesuian dengan permendes no 8 tahun 2022 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2023.


Dikatakan Kepala Desa Benua Ratu, Burliato bahwa pembangunan saluran irigasi ini atas sasaran usulan masyarakat dan mengacu pada prioritas penggunaan dana desa dengan harapan dapat meningkatkan produksi padi atau beras sehingga kebutuhan pangan masyarakat Benua Ratu terpenuhi. Jum'at, 02 Juni 2023


"Bangunan saluran irigasi ini atas permintaan masyarakat dan tentunya mengacu pada permendes no 8 tahun 2022 dalam hal mendukung program perintah pusat untuk mengantisipasi krisis pangan nasional, dengan harapan semoga produksi padi atau beras pada masyarakat Benua Ratu bisa terpenuhi." ujarnya 


Selain itu Burlianto juga menjelaskan bahwa bagunan tersebut dikerjakan dengan sistem padat karya tunai dengan tujuan meningaktan pendapat ekonomi warga. Bangun ini dengan volume : Tinggi pondasi 20 cm dan tinggi dinding 1 meter , lebar 80 cm atas bawah. Lebar dinding atas bawah 30 cm. Panjang 152 meter. Dan satu item lagi panjang 100 meter dengan ketinggian bervariasi sesuai dengan kebutuhan saluran irigasi tersebut. Demikian (SMI)

×
NewsKPK.com Update