Notification

×

Iklan

Iklan

Polres Rote Ndao Amankan 13 Imigran Gelap dan ABK asal Desa Papela

Rabu | 12/14/2022 WIB Last Updated 2022-12-14T13:49:21Z


ROTE NDAO - Jajaran Polres Rote Ndao mengamankan 13 orang imigran gelap asal Irak dan 3 orang ABK, di sekitar Pantai Titik Nol, Desa Dodaek, Kecamatan Rote Selatan, sekitar pukul 16.30 Wita. 


Wakapolres Rote Ndao Kompol I Nyoman Surya Wiryawan yang dikonfirmasi Rabu (14/12/2022) malam menjelaskan, pihaknya mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada imigran gelap yang terdampar di perairan bagian selatan Kabupaten Rote Ndao. 


"Informasi awalnya di perairan sekitar Kecamatan Rote Barat Daya. Namun, setelah dicek ternyata tidak ada di sana, tetapi bergeser ke Kecamatan Rote Selatan, tepatnya di Titik Nol Desa Dodaek," katanya. 


Setelah diketahui persis lokasi terdanparnya kapal yang ditumpangi imigran gelap tersebut, KBO Reskrim beserta jajaran ditambah anggota Polsek Rote Selatan langsung ke sana untuk melakukan evakuasi. 


"Ternyata benar ditemukan sebanyak 13 orang imigran asal Irak, yang terdiri dari pria dewasa 6 orang, wanita dewasa 3 orang, anak perempuan 2 orang, dan anak laki-laki 2 orang. 


Selain itu juga 3 orang ABK yang diketahui merupakan warga Desa Papela yang juga diamankan untuk dilakukan pemeriksaan. 


Anggota tiba dari evakuasi di Mapolres Rote Ndao pada pukul 18.30 Wita," ujar Kompol I Nyoman Surya Wiryawan. 


Dikatakan Wakapolres Nyoman Surya, informasi yang diketahui dari interogasi sementara yang dilakukan anggota Satreskrim, para imigran gelap ini menumpang kapal yang dikemudikan warga Desa Papela, Kecamatan Rote Timur, berinisial HD,IP, dan RHG. 


"Ini masih didalami pemeriksaan untuk mengetahui kronologis dan jalan ceritanya sampai ada keterlibatan 3 orang ABK asal Desa Papela, Kecamatan Rote Timur. Setelah diketahui pasti dari hasil pemeriksaan terhadap para imigran dan ABK, barulah akan kami sampaikan kepada media," ujar Kompol I Nyoman Surya Wiryawan. 


Selain itu, kata Wakapolres Nyoman Surya, pihaknya juga sudah mengkoordinasikan hal imigran gelap ini dengan Pemkab Rote Ndao, dan instansi terkait yang menangani imgran sesuai SOP yang ada. 


Untuk sementara, tambah Wakapolres Nyoman Surya, ke-13 imigran asal Irak ditampung di aula Wira Satya Polres Rote Ndao untuk diambil keterangan, dan 3 orang ABK sementara menjalani pemeriksaan.(AL)

×
NewsKPK.com Update