Notification

×

Iklan

Iklan

Warga Dusun Tegal Jaya Gelar Baritan Sebagai Ucapan Syukur Petani

Minggu | 8/07/2022 WIB Last Updated 2022-08-07T10:43:08Z


Karawang - Tradisi Baritan adalah upacara adat yang berkaitan dengan kepercayaan masyarakat dan peristiwa alam. Tradisi ini tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat yang bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan. 


Seperti Baritan yang di gelar warga dusun Tegal Jaya RT 005 RW 005 desa Mukti jaya Minggu (07/08/22)

Menjelang Magrib, sekitar pukul 17.00 WIB warga mulai berdatangan sambil membawa tumpeng, yakni makanan tradisional yang diwadahi daun pisang yang dibentuk kotak persegi


Jumlah tumpeng yang dibawa saat baritan ini menyesuaikan jumlah anggota keluarga. Jika di dalam rumah itu ada empat orang, maka tumpeng yang dibawa baritan juga empat tumpeng. kemudian ditata berjajar di atas tikar yang telah digelar di jalan.


Saat semua hadir dan duduk bersila, tumpeng tertata rapi, lantunan doa mulai dipanjatkan. Doa dipimpin tokoh masyarakat setempat. Doa dilantunkan dengan 2 cara, yakni secara islam menggunakan bahasa arab dan yang kedua, doa dilantunkan dengan bahasa Jawa.


Kemudian dilanjutkan dengan tahlil dan diakhiri dengan doa keselamatan dan kesejahteraan untuk semua warga.


Tokoh agama setempat Saripudin mengatakan,"Pada masyarakat petani, tradisi ini sering disebut dengan istilah sedekah bumi, sedangkan pada masyarakat nelayan juga disebut sedekah laut.


Walaupun demikian,kata Saripudin," baritan yang dilakukan baik oleh masyarakat petani maupun nelayan mempunyai tujuan yang sama, yaitu sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan hasil bumi ataupun hasil petani yang melimpah. Selain itu, juga sebagai media untuk memanjatkan doa keselamatan," ucap Saripudin 


Setelah itu, tumpeng yang dibawa ini ditukar-tukar dengan milik warga yang lain ( rebutan) sesuai dengan jumlahnya. Lalu setelah itu, biasanya tumpeng dimakan bersama-sama dilokasi dan ada juga yang dibawa pulang," ucap Saripudin. (YS)

×
NewsKPK.com Update