Notification

×

Iklan

Iklan

Setelah 15 tahun Vakum, Sedekah Bumi Desa Tegal Jaya Akhirnya Terlaksana

Minggu | 8/07/2022 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:50Z


Karawang - Setelah 15 tahun tidak diadakannya sedekah bumi atau baritan di kampung Tegal jaya desa Muktijaya akhirnya hari ini minggu 07/08/2022 digelar sedekah bumi maupun baritan dan karnaval hasil bumi.


Menurut tokoh sesepuh Sujana,mengatakan kegiatan hari ini sedekah bumi atau baritan merupakan ucapan syukur kita kepada Allah Subhana wa ta allah atas hasil bumi kita yang kita terima.


Sujana menjelaskan kegiatan sedekah bumi ini harusnya dilaksanakan setiap 5 atau 10 tahun,namun karena kendala sesuatu hal yang pada akhirnya kegiatan ini baru dilaksanakan hari ini setelah 15 tahun vakum.


Adapun diadakannya kegiatan sedekah bumi ini dikarenakan sekian lama vacum banyak hasil bumi yang berkurang juga adanya warga yang banyak terserang sakit,jelasnya.


Dan hari ini lanjut Sujana kita melakukan arak arakan hasil bumi dan kepala kerbau,dan setelah itu kita menanam kepala kerbau yang di nilai menolak bala menaolak penyakit di tengah tengah warga kp Tegal jaya.


Di tempat yang sama tokoh agama Ust. saripudin mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mengajak masyarakat untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan kita.


Dan yang kedua untuk memperkuat ketakwaan kita kepada Allah Subhana wa ta allah,dimana kita sudah menginjak injak bumi ini kita harus syukuri masih dapat menerima hasil bumi hingga hari ini.ini yang patut kita syukuri.


Sekcam Cilamaya Kulon, Endang Setia, SE, MM menyampaikan ,"

Kita harus melestarikan tradisi leluhur karena itu merupakan adat yang tidak bisa ditinggalkan.


Sekcam menyampaikan kegiatan seperti ini akan kita lestarikan dan rutin dilaksanakan dengan dibantu oleh pemerintah kecamatan Cilamaya Kulon ucapanya 


Semoga dengan acara seperti ini warga disini bisa makmur kehidupannya dan terhindar dari mara bahaya tutup Endang setia.


Salah seorang warga yg mengikuti sedekah bumi ataupun baritan menyampaikan rasa senang dan syukur yang pada akhirnya kegiatan sedekah bumi ini dapat di laksanakan berkat salah seorang warga yang telah sukses di perantauan.


Kami ucapkan terimakasih buat bapak Alek Nourman yang telah memberikan sumbangsi sehingga sedekah bumi ini terlaksana,dan warga sangat antusias untuk mendapatkan ruwatan yang di sediakan panitia.terang 


Semoga di tahun yang akan datang kegiatan seperti ini bisa terlaksana sehingga warga di kampung ini terhindar dari mata bahaya,sukses selalu buat bapak Alek Nourman.ucap 


Diketahui deretan acara sedekah bumi dimulai dengan sambutan tokoh agama dan sesepuh dan di lanjut dengan Karnaval hasil bumi diarak keliling dusun Tegal jaya dan dilanjut dengan penampilan wayang kulit Puspa Indra dan Ruwatan warga. (YS)

×
NewsKPK.com Update