Notification

×

Iklan

Iklan

Terkait Pemekaran Desa, DPRD Kaur Rapat Dengan PMD

Selasa | 3/08/2022 WIB Last Updated 2022-03-08T00:16:19Z



Kaur, Newskpk.com - Sebanyak 17 Desa yang ada di Kabupaten Kaur mengusulkan pemekaran desa, terkait hal demikian komisi I DPRD Kaur jejak pendapat dengan PMD Kaur mengenai persiapan pihak Pemda Kaur dalam mengupayakan usulan pemekaran desa tersebut, jejak pendapat/rapat berlangsung di ruang rapat komisi I gedung DPRD Kaur. Senin 07 Maret 2022.


Rapat di buka langsung oleh ketua komisi I DPRD Kaur, Deny Setiawan dan di hadiri 4 anggota komisi I dan Kepala Dinas PMD Kaur yang di wakili sekretaris PMD Kaur, Kabag Pemerintahan. 



Dalam smbuatannya, Deni mengatakan pemekaran desa bertujuan untuk meningaktan ekonomi. Namun kita harus tinjau kembali tentang regulasi aturan baik itu UU Desa Tahun 2016 pasal 8 dan permandagri no I tahun 2017.


"Setelah kita pelajari 17 desa yang meminta di mekarkan ini nampaknya belum sesuai dengan apa yang di atur dalam UU Desa Tahun 2016 pasal 8, dimana syarat mekarnya desa itu peduduk yang ditinggalkan maupun yang di mekarkan itu ada 400 jiwa. Namun pihak DPRD mendukung penuh artinya ajukan dulu, nantikan ada namanya desa persiapan tapi jangan salah meski sudah masuk desa persiapan selama. 3 tahun belum tentu nanti bisa jadi desa difinitif. Yang jelas DPRD Kaur tetap mendukung" jelasnya. 

 

Sementara jawaban dari pihak PMD yangdi wakili sekretarisnya menyampaikan  ada 17 desa yang mengusulakn diri untuk di mekarkan dan proposalnya sudah kami terima. Adapun landasan  pihak PMD menerima proposal pemekaran tersebut  uu desa Tahun 2014 mendagri no 1 th 2017.

Yang kedua  perbup dan SK Bupati kaur. 


Beriku nama desa yang mengusukan pemekaran

Nunung - Desa ulak lebar

Sinar Bandung - Ulak Bandung. 

Sedaya Baru - Tanjung Besar. 

Manau Sembilan III - Manau Sembilan I dan II

Nagarantai I - Nagarantai

Sawang Jaya - Tanjung Baru

Sinar Jaya - Sinar Mulya

Kedatara Pematang Danau - Kedataran

Dewa Raja Sambat - Kedataran

Kulik Sialang - Muara Dua

Datar Selepah - Air Palawan

Makmur Jaya - Sumber Harapan

Mekar Jaya - Merpas Suka Jaya dan Merpas

Pematang Salimi - Ulak Pandan. 

Sido Makmur - Tanjung Agung. 

Beriang Tinggi II - Beriang Tunggi

Padang Leban II - Padang Leban. 


Demikian (SMI)

×
NewsKPK.com Update