Notification

×

Iklan

Iklan

Aksi Bersih Pantai dan Laut Wisata Sombori

Selasa | 5/18/2021 WIB Last Updated 2021-05-18T03:09:15Z


Morowali - Dalam rangka menjaga keindahan pariwisata dan mengenalkan potensi kawasan wisata Pulau Sombori, sejumlah komunitas, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan jurnalis Morowali yang tergabung dalam Kolaborasi Komunitas Morowali akan mengadakan aksi bersih pantai dan laut (coastal clean-up). Kegiatan tersebut akan diselenggarakan selama tiga hari  mulai dari 21-23 Mei 2021 di salah satu kawasan Sombori, Pulau Dongkalan.


Selain aksi bersih pantai, kegiatan tersebut juga akan diisi dengan pemutaran serial film pulau plastik, diskusi/edukasi publik, jelajah dua danau, hidden lagoon, gua tengkorak, dan lomba antar komunitas.


Ketua pelaksana kegiatan (Kolaborasi Komunitas Morowali)  menuturkan jika kegiatan tersebut dilakukan agar masyarakat ke depannya bisa turut peduli menjaga laut dengan tidak membuang sampah di laut.


“Indonesia adalah penghasil sampah plastik terbesar kedua di dunia setelah Cina dan sebanyak 3.2 juta ton sampah dibuang ke laut setiap tahunnya sehingga aksi bersih pantai ini bisa menjadi momentum awal untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga laut,"Tuturnya 


Ia juga menambahkan bahwa kawasan wisata Sombori memiliki beberapa spot yang belum pernah dikunjungi oleh wisatawan “Kami juga akan mencoba untuk mengeksplore destinasi wisata yang potensial untuk dijadikan sebagai objek wisata baru di kawasan Sombori”.


Kegiatan yang menyatukan hampir seluruh komunitas di Morowali tersebut baru pertama kali diadakan dan turut mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali, Angkatan Laut, Polairud (Polisi Perairan dan Udara), atlet MMA (Mixed Martial Arts) Adrian Mattheis, dan beberapa selebriti seperti Inul Daratista, Fildan DA, Ciara, Dewi Utara, Ricky Cuaca.


Awalnya, kegiatan tersebut dibuka untuk umum tetapi pihak Pemda Morowali membatasi untuk skala komunitas saja sehingga hanya 70 peserta yang akan ikut ambil bagian.


Yohanes

×
NewsKPK.com Update