Notification

×

Iklan

Iklan

Kebutuhan Pertanian di Taliabu Dipastikan Lancar Perjalanan Dinas

Kamis | 4/29/2021 WIB Last Updated 2021-04-29T14:55:12Z


BOBONG, - Meskipun dengan anggaran yang dibilang kecil, Dinas Pertanian Kabupaten Pulau Taliabu, tetap optimis dapat menjawab seluruh kebutuhan Kelompok Tani di Kabupaten Pulau Taliabu.


Ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulau Taliabu, Maruf pada Media siang kemarin.


Maruf, mengatakan bahwa, melalui petunjuk serta arahan Bupati Pulau Taliabu, Hi. Aliong Mus atas pengunaan anggaran yang dibilang kecil tersebut agar dapat di Efektifkan. 


"Yaitu dengan cara, mengurangi tenaga Honorer, mengurangi perjalanan Dinas dan mengurangi oprasional Kantor. Sehingga anggaran yang kecil itu bisa digunakan untuk kebutuhan dan memenuhi permintaan petani. Seperti bibit cengkeh, bibit pala, pupuk, racun rumput, alat-alat perkebunan kecil, seperti parang, pacul, linggis, garu-garu rumput, mesin potong rumput, mesin sensor kecil, sesuai dengan kebutuhan dan permintaan Petani Taliabu," ungkap Maruf.


Selain itu, Maruf mengatakan Dinas Pertanian Taliabu juga telah mendapat bantuan jalan tani dengan mengunakan anggaran APBN yang berada pada tiga titik " Yaitu dua di Desa Wayo dan satu di Desa Talo. Sekarang jalan tani itu sudah dalam tahapan pekerjaan dan bahkan sudah hampir selesai," katanya


Lanjut, sementara dana alokasi khusus (DAU) Rp.1,7 milyar tersebut juga selain digunakan untuk oprasional kantor juga ada tiga pembangunan jalan tani dan pengadaan alat-alat pertanian. "Jalan tani itu ada di Desa Gela, Desa Kilong dan Desa Talo," tuturnya


Selain itu kata Maruf, Dinas Pertanian Taliabu juga mendapatkan bantuan peternakan melalui aspirasi DPR RI perwakilan Maluku Utara, Ibu Alien Mus berupa sapi dan kambing.


"Sekarang ini peternakan yang sudah ada itu di Desa Bota 20 ekor sapi dan Desa Kilong kambing 20 ekor, sementara Desa Kawalo Desa Ratahaya dan Desa Ufung tim sudah selesai survei lokasih dan dalam waktu dekat ini bantuan itu sudah tiba di Taliabu," cetusnya.


Maruf bilang, atas bantuan Ibu Alien Mus di Komis IV (empat) DPR RI semua kebutuhan petani di Kabupaten Pulau Taliabu akan terpenuhi, karena semua proposal yang diajukan telah disetujui oleh Bidang PSP Kementerian Pertanian, melalui usulan aspirasi DPR RI.



"Insah Allah dalam waktu dekat juga akan turun di Taliabu. 


Sehingga insah Allah, kebutuhan sarana prasarana pertanian kita di Taliabu perlahan-lahan akan terpenuhi," tutup Maruf.(Jek)

×
NewsKPK.com Update