Notification

×

Iklan

Iklan

Nadiem Makarim Berharap Siswa di Rote Kembali Belajar Tatap Muka

Kamis | 11/12/2020 WIB Last Updated 2020-11-11T23:34:36Z

ROTE NDAO - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim berharap siswa yang tidak memiliki akses untuk pendidikan jarak jauh (PJJ) terutama di zona hijau dan kuning untuk bisa segera melaksanakan kegiatan  belajar di sekolah. 


"Untuk zona hijau dan kuning sudah diperbolehkan tatap muka, tapi semua keputusannya itu ada pada  kepala sekolah, dan kepala dinas, serta pemerintah daerah " ujar Nadiem Makarim pada kunjungannya ke SMP Negeri  3 Lobalain Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (11/11/2020). 


Meski diperbolehkan kegiatan belajar mengajar secara tatap muda untuk zona hijau dan kuning Covid-19, hal itu tidak dipaksa karena tergantung orangtua dan harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat,dan untuk  mata pelajaran praktik diperbolehkan tatap muka. 


 "saya kira yang zona hijau sudah bisa belajar namun keputusannya ada di daerah bukan di pusat," ungkap nadiem 


Nadiem mengaku khawatir perkembangan pendidikan formal siswa jika tidak bisa belajar dengan baik selama pandemi karena tidak mempunyai akses dan gawai. 


"Saya khawatir mereka tidak bisa belajar apa-apa dan tertinggal," tambah Nadiem. 


Untuk itu, dia meminta siswa yang tidak mempunyai gawai bisa belajar di sekolah. Apalagi, di Kabupaten Rote Ndao saat ini berstatus zona hujau 


Nadiem juga mengatakan bahwa saat ini pihak sekolah mempunyai  kewenangan penuh  menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) ada pada kepala sekolah, termasuk untuk gaji guru honorer maupun membeli gawai yang nantinya bisa dipinjamkan ke siswa.

"Saat ini Dana Bos sudah tidak mampir di rekening pemda lagi,namun sudah bisa langsung di rekening sekolah sehingga semuanya akan menjadi lebih mudah" ungkapnya.(AL)

×
NewsKPK.com Update