Notification

×

Iklan

Iklan

Kunjungi Rote Ndao, Nadiem Makarim Jatuh Hati Tenunan Alami

Selasa | 11/10/2020 WIB Last Updated 2020-11-10T14:12:26Z

ROTE NDAO - MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Rote Ndao, Selasa (10/11) petang. 


Nadiem yang didampingi anggota DPR RI asal Dapil NTT-2 Anita Yakoba Gah, petinggi Kemendikbud RI di antaranya Dirjen Paud dan Dikdasmen Jumeri, Staf Khusus Mendikbud Bidang Komunikasi dan Media Muhamad Heikal, Direktur SD Sri Wahyuningsih, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Ditjen GTK Rachmadi Widdiharto, Direktur Pembinaan Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat Sjamsul Hadi, Koordinator Tatakelola Dit SMP Eko Susanto, bersama sejumlah staf. 


Rombongan Mendikbud tiba di Bandara DC Saudale dengan menggunakan pesawat komersil Wings Air pukul 17.05 Wita, disambut secara adat oleh Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu dan Wakil Bupati Stefanus Saek, Forkopimda, Sekda Jonas M Selly, para asisten Sekda, serta sejumlah pimpinan OPD. 


usai penyambutan di Bandara DC Saudale, rombongan Mendikbud Nadiem langsung melakukan kunjungan ke Pusat Perajin Kain Tenunan Rote di Kampung Namondao, Kelurahan Namodale Kecamatan Lobalaian. 


Di sana Menteri Nadiem didampingi Bupati Paulina sempat berdialog dengan para perajin tenun ikat tentang motif, bahan dasar, pewarna, dan produksi para perajin. Bahkan, Mendikbud Nadiem juga sempat membeli sekitar empat lembar kain tenunan adat Rote pesanan sang istri bahkan sang menteri sempat lontarkan kata kata "saya jatuh hati dengan tenunan pewarna alami" ungkapnya 


Setelah itu, Nadiem dan rombongan juga sempat berkunjung ke Situs Cagar Budaya Masjid Tua An Nur, di Kelurahan Metina, Situs Cagar Budaya Istana Raja Rote di Kelurahan Namodale, Situs Budaya Gereja Tua Mengelama, dan terakhir mengunjungi Rumah Raja Thie, di Desa Oebafok, Kecamatan Rote Barat Daya. Dan selanjutnya melakukan kegiatan internal di Mama Linda Resort Nemberala. 


Untuk diketahui, kegiatan kunjungan hari kedua Mendikbud di Rote Ndao, akan dilakukan kunjungan ke sejumlah sekolah, di antaranya SMK Negeri Rote Barat, SDN Ndau, SMP Negeri 3 Lobalain, SD Inpres Oehenak, dan SMA Negeri 1 Lobalain(AL)

×
NewsKPK.com Update