Notification

×

Iklan

Iklan

Kadis DLH Taliabu Bilang Begini Soal Polemik TPA

Rabu | 11/25/2020 WIB Last Updated 2020-11-25T00:52:40Z

TALIABU,- Polemik Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kota Bobong masih terus menjadi persoalan yang belum tuntas hingga hari ini, beberapa masalah diantaranya sulitnya akses ke TPA Ratahaya hingga TPA Kilong yang dayanya tampung sudah tidak memadai


Kepala Dinas Lingkungan Hidup M.Ridwan Buamona, saat di wawancarai Aspirasi Malut di ruangan kerja pada Selasa (24/11) kemarin, mengatakan sampah yang kerap tertumpuk di TPS terjadi karena sampah belum bisa distribusikan ke TPA 


"Penyebabnya, kata Kadis, lokasi atau tempat sampah yang kemarin sudah di berikan oleh Dirjen Cipta Karya namun jalan untuk akses itu sangat sulit sehingga tidak bisa buang sampah," Kata Kadis LH 



Dirinya menuturkan, lokasi untuk pembuangan sampah itu kita sewa di salah satu lahan  yakni desa Kilong Taliabu Barat, jadi setiap bulan di bayar satu juta lima ratus kata Ridwan.


"Ridwan bilang lokasi pembuangan sampah di desa Kilong itu sangat kecil, baru di tempat tersebut ada satu kali, ketika turun hujan sudah terjadinya banjir,"



Kadis menyampaikan bahwa sampah yang begitu banyak yang tersimpan dan sudah full, selain itu juga lokasi pembuangan sampah,  akibat jalan semakin rusak parah, maka kami melakukan penimbunan dulu, baru mobil bisa lewat.


Sedangkan untuk mencari alat berat untuk pengusuran jalan saja tidak ada sama sekali, karena jalan lintas pembuangan sampah itu sangat para," katanya.



"Dia menambahkan, kita sudah kordinasi pada pemilik alat berat namun mereka lagi sedang melakukan pekerjaan proyek sehingga kami terkendala alat berat itu.


Bukan berarti tidak di angkat atau tidak perduli terhadap sampah pada lingkungan kota Bobong tetapi itulah menjadi kendala kami karena tidak memiliki alat berat.


 "bahwa sementara kesedian mobil pengangkut sampa hanya satu unit, namun mobil sampah itu sudah lama di gunakan kondisi mobilpun tidak stabil."


Alhamdulillah kemarin ada bantuan lewat ibu Alien Mus selaku anggota DPR RI. Yang telah membantu kami  sebanyak tiga buah unit, untuk membantu kami agar petugas sampah bisa angkut sampah di kota Bobong, jadi mobil hanya stan baik saja tinggal motor sampah yang anggkut.


"Saya juga berharap kepada seluruh masyarakat Bobong agar jangan membuang sampah sembarangan, apa lagi buang sampah di laut." Ujarnya


 Kedepan insa Allah kita akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat soal sampah agar masyarakat juga bisa sadari dalam pembuangan sampah pada tempatnya pungkas.tutupnya (jek)

×
NewsKPK.com Update