Notification

×

Iklan

Iklan

Gapoktan Liang Sia Desa Fayau Nana Kembangkan Komiditi Tanaman Horti

Selasa | 10/06/2020 WIB Last Updated 2020-10-06T06:38:47Z



BOBONG- Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Liang sia, Desa Fayau Nana Kecamatan Tabona Kabupaten Pulau Taliabu mulai kembangkan komoditas pertanian berupa tanaman horti yang terdiri dari tanaman rica, terong dan kangkung cabut.

Kordinator sekaligus pendamping Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Tabona, Nasir La onso mengatakan, Kegiatan kelompok tani liang sia kecamatan Tabona Kabupaten Pulau taliabu adalah kegiatan melalui bantuan pemerintah (Banper). Gapoktan Liang sia ini telah menyediakan lahan sebesar 4 hektar untuk pengembangan tanaman holti dengan menggunakan alat seadanya.

"Tanaman yg di kembangkan adalah komoditi tanaman horti yaitu tanaman rica, terong dan kangkung cabut" Katanya.

Saat ini kata dia, Gapoktan Liang Sia masih terkendala alat pertanian sehingga secara terpaksa mereka mengandalkan alat seadanya.

"Adapun kendala di lapangan karena kita Tidak ada ketersediaan alat-alat pertanian alsintan sehingga keterlambatan dalam pengolahan tanah dan pembongkaran lahan baru" jelasnya.


Sehingga, Dari ketersediaan tanah 4 hektar tersebut, Gapoktan liang sia baru dapat membongkar sebagian kecil lahan untuk kegiatan pertanian dengan memanfaatkan bantuan pupuk Pemerintah daerah berupa pupuk NPK MUTIARA 16-16-16, NPK Pak tani 16-16-16,  pupuk Urea Gandasi D dan B dan pupuk SP 36.


Walhasil, Gapoktan Liang Sia Desa fayaunana berhasil melakukan panen perdana dengan baik pada bulan lalu, sesuai dengan luas lahan yang berhasil dimanfaatkan meskipun tidak seberapa.

" Alhamdulillah, panen perdana sudah dilakukan, dan dipasarkan di Ibu kota bobong dan kecamatan Tabona, dan upah yang dihasilkan pada penen perdana untuk tanaman kangkung cabut berkisar Rp 3 juta'an" bebernya.

Untuk saat ini lanjutnya, Gapoktan Liang sia terus melakukan perluasan pembongkaran lahan untuk meningkatkan hasilnya dengan menggunakan alat pertanian seadanya, sehingga diharapkan agar pemda setempat dapat memberikan perhatian serius untuk pengembangan kelompok tani ini.

" Saat ini, Gapoktan Liang sia terus melakukan pembongkaran lahan, untuk meningkatkan hasilnya, ya mudah mudahan kedepan pemda bisa melakukan pemberdayaan terhadap kelompok kelompok tani dengan cara memberikan bantuan peralatan yang memudahkan masyarakat tani untuk terus kembangkan usaha usaha pertanian khususnya bagi kelompok tani tanaman jangka pendek" harapnya. ( jak)
×
NewsKPK.com Update