Notification

×

Iklan

Iklan

Sukamta Harapkan ada Ciri khas di Setiap Desa

Jumat | 7/31/2020 WIB Last Updated 2020-07-31T03:04:29Z

Tanah Laut - Ada lima desa di Tanah Laut (Tala) yang ditetapkan sebagai desa berciri khas. Hal itu terungkap saat digelarnya rapat koordinasi dan pemaparan desa berciri khas di Desa Bukit Mulya Kecamatan Kintap yang dibuka secara langsung oleh Bupati Tala H. Sukamta, pada Kamis (30/7/2020).

Sukamta dalam sambutannya mengatakan, desa berciri khas merupakan inovasi untuk mewujudkan visi Kabupaten Tala dalam membina desa dan menata kota. Bahkan kedepan, pihaknya menginginkan adanya desa tertib administrasi kependudukan dan desa tertib administrasi pertanahan.
"Semua desa juga akan kita arahkan menjadi desa tangguh. Tangguh dalam menghadapi bencana, tangguh didalam penanganan kesehatan dan tangguh dalam ketahanan pangan," terang Kamta.

Sukamta juga mengajak semua pihak untuk meningkatkan indeks pembangunan desa. Dirinya bersyukur lantaran desa sangat tertinggal di Tala hanya menyisakan satu desa dan desa-desa yang sebelumnya menyandang predikat desa tertinggal sekarang sudah naik menjadi desa berkembang.

Orang nomor satu di Tala itu juga berpesan kepada desa-desa di Tala agar jangan takut untuk berkembang dan bersaing. Menurutnya, membangun desa adalah wujud dari desentralisasi pemerintah daerah yang kemudian dilaksanakan oleh desa.

"Kalau menunggu kabupaten maka akan lambat, apalagi di kabupaten ada proses lelang dan segala macam. Sedangkan kalau di desa kan ada dalam konteks swakelola sehingga pelaksanaan akan lebih cepat dan tepat ke masyarakat," jelasnya.

Sukamta pun meminta para kepala desa untuk merencanakan pembangunan di desa dengan baik sehingga benar-benar memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Saya berharap tiap desa punya ciri khas masing-masing,"harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Tala Gatot Subagio yang turut berhadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan, lima desa di Tala yang ditetapkan sebagai desa berciri khas itu yakni Desa Bukit Mulya Kecamatan Kintap yang dikenal dengan ciri khas keragaman dan gotong-royong, Desa Asam-Asam Kecamatan Jorong sebagai desa pengrajin atap daun nipah, Desa Telaga Langsat Kecamatan Takisung sebagai sentra madu kalulut, Desa Tajau Pecah Kecamatan Batu Ampar sebagai desa yang identik dengan suasana Bali dan Desa Handil Babirik Kecamatan Bumi Makmur sebagai sentra itik di Kabupaten Tala. Ia berharap dengan adanya rakor desa berciri khas tersebut dapat menjadi motivasi dalam rangka mengembangkan desa berciri khas serta mempertahankan ciri khas di tiap desa.

Berhadir Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Masturi, Camat Kintap Eko, Camat Jorong Alfan Rosidi Anwar, Camat Batu Ampar Rika, Camat Takisung Yudo Restanto.
×
NewsKPK.com Update