Notification

×

Iklan

Iklan

Kabupaten Tanah Laut Siap Ikut Program Swab Test Massal

Sabtu | 7/25/2020 WIB Last Updated 2020-07-25T14:44:47Z


Tanah Laut - Rencana dilakukannya 10 ribu swab test massal di Kalimantan Selatan telah dirapatkan secara Dalam Jaringan (Daring) oleh Tim Gugus Tugas Percepatan  Penanganan (GGTP) Covid-19 Provinsi Kaimantan Selatan bersama Walikota, Bupati dan Sekda dari 13 Kabupaten Kota se Kalimantan Selatan.

Sekda Tala H. Dahnial Kifli selaku Ketua Harian GGTP Covid-19 Tala turut mengikuti jalannya rapat daring tersebut di Aula Barakat pada Jum'at (24/7), didampingi Asisten Bidang Pemerintahan Bambang Kusudarisman, Asisten Bidang Ekobangkesra Akhmad Khairin, Kepala Dinas Kesehatan Hj. Nina Sandra dan Kepala Pelaksana BPBD Tala M. Kusri.

Kesiapan teknis pelaksanaan dari setiap Kabupaten pun disampaikan baik dari kesiapan sarana dan prasarana, kesiapan sdm dan kesiapan pelaksanaan sesudah swab test dilakukan.

Usai rapat Sekda Tala H. Dahnial Kifli menjelaskan bahwa seluruh Kabupaten masih menunggu hasil teknis pelaksanaan dari Provinsi Kalsel.

"Nanti pakar akan membuat SOP-nya, kapan, caranya seperti apa, siapa saja yang di swab, nanti mereka yang bikin pelaksanaan teknisnya," ungkapnya.

Sekda H. Dahnial juga menyampaikan bahwa Kabupaten Tala siap menerima program tersebut. Ia pun mengungkapkan saat ini Kabupaten Tala masih memiliki kuota yang cukup untuk alat Virus Transport Media (VTM) atau media pembawa spesimen lendir hidung dan kerongkongan pasien yang akan dites swab ke laboratorium. Sekda Tala pun mengingikan agar bantuan yang nanti diterima Tala bisa selain VTM.

"Kita sudah punya VTM 10.097 buah, kemudian kita punya 2 PCR untuk menguji VTM, karantina insyallah kita sudah punya fasilitas khusus kita ada di RS Boejasin, dan BKD, tenaganya pun nanti kita bagi per pusat pelayanan, tergantung teknisnya seperti apa, kita siap saja, hanya alatnya kita sudah siap jadi tidak usah beli lagi. Kalau kita dibantu lagi, nanti yang ini tidak terpakai, lebih baik yang lain yang dibantu, misalnya tempat karantina atau yang lain," pungkasnya. (Diskominfo/HR)
×
NewsKPK.com Update