Notification

×

Iklan

Iklan

Diduga Tilep Anggaran Pemeliharaan,Manejer Kebun Gunung Pamela Bungkam

Minggu | 5/03/2020 WIB Last Updated 2020-05-03T08:58:03Z

Serge Sumut - PT. Perkebunan Nusantara-III (PTPN-III) merupakan induk Holding dari beberapa PTPN Perkebunan,Perkebunan PTPN-III seharusnya menjadi contoh bagi perkebunan yang ada dibawa naunganya,dimana induk holding seharunya menjadi pelopor semboyan,JUJUR,TULUS,IKLAS.

Sayangnya hal itu sepertinya tidak berlaku di  PTPN-III unit Gunung Pamela,hasil investigasi reporter kami,terdapat kondisi areal semak belukar,seperti tidak ada pemeliharaan di areal produksi tersebut.

Terlihat lokasi afdiling 1,2 dan 3 Gunung Pamela seperti tidak dilakukan pemeliharaan,sehingga areal kebun yang merupakan aset BUMN tersebut terlihat terlantar,ada dugaan penyimpangan terjadi pada penggunaan anggaran pemeliharaan,hal itu diduga dapat dilakukan oleh Asisten afdiling,Asisten Kepala (Askep),Manejer Kebun Gunung Pamela dan Rekanan.

Seperti dijelaskan sala seorang kariawan PTPN-III kebun Gunung Pamela pada reporter kami Sabtu 02 Mei 2020,pada keteranganya kariawan tersebut mengatakan,"Hampir disemua afdiling kondisinya sama bang,Tanaman Menghasilkan (TM) dan Taman Belum Menghasilkan (TBM) ditelantarkan,akibatnya pasti dapat mengurangi produksi,seperti yang diharapkan.

Biasanya biaya pemeliharaan TBM maupun TM disalurkan dari kantor pusat,namun pekerjaan tidak dilaksanakan,pekerjaan pemeliharaan TBM maupun TM tidak dikerjakan, anggaranya ditilep rekanan dan pejabat yang berwenang di unit Gunung Pamela,kata kariawan yang tidak mau disebutkan namanya.

Melihat situasi areal produksi,diprediksikan suda tidak dilakukan pemeliharaan selama 5 - 6 bulan, nanti kita akan tanya ke kantor pusat PTPN-III,apakah dibulan Nopember 2019  sampai Bulan Maret 2020 ada pencairan terkait pemeliharaan TM maupun TBM di afdiling 1,2 dan 3 untuk  kebun Gunung Pamela, bila ada pencairan maka pihak perkebunan Gunung Pamela melakukan rekomendasi piktif dan pekerjaan piktif itu tindakan Korupsi.

"LSM - Gerakan Fron Rakyat Anti Korupsi (GEFRAK) Sumatera Utara meminta kepada menteri BUMN, Erick Thohir segera melakukan Audit  PTPN III kebun Gunung Pamela,kita ketahui bersama bahwa direktur utama PTPN III sebelumnya telah ditahan KPK terkait sekandal Korupsi,bukan tidak mungkin hal ini juga dilakukan oleh para anggotanya di PTPN-III, Ucap KL Simanjutak SH,Ketua Bidang Hukum LSM-GEFRAK Sumatera Utara.

Hingga berita ini disampaikan pada redaksi,Sinuhaji Manejer PTPN-III Kebun Gunung Pamela belum mau memberkan tanggapan,saat dihubungi lewat telepon seluler sang manejer tidak menerima, mencoba menghubungi lewat SMS belum mendapatkan balasan (R01).
×
NewsKPK.com Update