Notification

×

Iklan

Iklan

Kadis KOMINFO, Di Pastikan Jaringan XL Sepanjang Taliabu Akan Stabil

Rabu | 4/08/2020 WIB Last Updated 2020-04-08T00:51:19Z

BOBONG - Sejak adanya pemasangan kabel dan tiang serta kamar mesin untuk fasilitas fiber optic di taliabu yang mulai dikerjakan 2018 hingga 2019 lalu, warga masyarakat mulai bertanya tanya kapan fasilitas fiber optik di taliabu bisa difungsikan agar kondisi jaringan telkomsel yang kerap mengalami gangguan seperti sekarang ini segera dapat di akhiri.


Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Informatika kabupaten Pulau Taliabu, Gafarudin mengatakan, sesungguhnya saat ini fiber optik sudah diaktifkan hanya saja kapasitas yang dimiliki terlalu kecil untuk melayani pengguna yang ada di ibu kota kabupaten pulau Taliabu sehingga sedang diupayakan agar ada perbaikan sesuai kebutuhan.


"Fiber optic dong so pasang, cuma benwichnya masih kecil, jadi harus ganti alat, karena kalu daya di bobong ini kalo cuma 30 mega saja itu terlalu kecil" kata Gafarudin kepada media ini (6/4) senin kemarin diruang kerjanya.


Menurutnya, pihaknya sudah melakukan komunikasi intensif bersama pihak - pihak terkait untuk peningkatan kapasitas fiber optik namun lagi - lagi terkendala virus corona sehingga belum bisa dilakukan perbaikan alat.


" kita sudah komunikasi dengan pihak terkait, mereka sudah rencana datang, tapi  terkendalanya sekarang mereka tidak diijinkan melakukan perjalanan keluar daerah, karena penyebaran wabah virus corona saat ini. padahal tinggal mo ganti alatnya saja kita suda bisa gunakan itu" jelasnya.


Sementara disinggung terkait penggunaan jaringan XL di kecamatan tabona yang diinformasikan baru digunakan satu bulan terakhir jaringan tersebut malah bermasalah, dirinya mengaku terjadi kerusakan yang menyebabkan sistem pada jaringan tersebut tidak dapat memancarkan jaringan.


" untuk di kecamatan tabona itu kita sudah cek, jaringannya tidak hilang, tapi tidak bisa pancar, makanya tidak bisa digunakan. Untuk itu kita sudah komunikasikan kepada pihak terkait untuk bisa datang memperbaiki itu" jelasnya,
Sementara jaringan XL di sepanjang pantai utara pulau taliabu dipastikan stabil. ( Jak )
×
NewsKPK.com Update