Notification

×

Iklan

Iklan

Wow, 355 Penumpang di Kapal Pesiar Positif Corona COVID-19

Minggu | 2/16/2020 WIB Last Updated 2020-02-16T09:55:44Z
Ilustrasi
Newskpk - Jepang kembali melakukan tes kesehatan di kapal pesiar mewah, Diamond Princess, yang karantina di lepas pantai Pelabuhan Yokohama, dekat Tokyo itu. Kali ini, jumlah penumpang yang positif menderita COVID-19 melonjak menjadi 355 orang.

Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato mengatakan, pihaknya telah melakukan tes kepada 1.219 orang. Dari jumlah itu 355 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

"(Sementara), 73 orang tidak menunjukkan gejala," kata Katsunobu seperti dilansir AFP, Minggu (16/2/2020).

Data tersebut diketahui, setelah pemerintah Amerika Serikat (AS) bersiap untuk mengevakuasi beberapa warganya yang telah dikarantina sejak 5 Februari. Pemerintah Hong Kong juga hendak memulangkan 330 warganya di atas kapal tersebut.

Dalam surat yang ditunjukkan kepada penumpang di kapal tersebut, Kedutaan Besar AS mengungkapkan alasan kenapa pihaknya ingin warganya segera balik ke negaranya.

"Berdasarkan tingginya jumlah kasus COVID-19 yang diidentifikasi, Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS menilai penumpang dan anggota awak di atas kapal berisiko tinggi terpapar," kata Kedutaan Besar AS dalam suratnya kepada penumpang.

Sementara itu, karantina akan berakhir 19 Februari nanti. Musibah corona di kapal ini diketahui setelah kapal merapat di Hong Kong dan menurunkan satu penumpang asal China yang positif corona.

Secara global, total kasus corona per Minggu pagi adalah 69 ribu lebih kasus. Total korban tewas tercatat 1.600 orang lebih.(*)
×
NewsKPK.com Update