Notification

×

Iklan

Iklan

Menelisik Peninggalan Raja Bulu Raya,Tuan Huluan Saragih Garingging

Kamis | 2/20/2020 WIB Last Updated 2020-02-20T09:16:27Z
Benda peninggalan Kerajaan seperti ada Cap stempel kerajaan hingga Kalung

Simalungun - Tuan Bulu raya masih mempunyai Benda peninggalan Kerajaan seperti ada Cap stempel kerajaan hingga Kalung yang terlihat digambar : Kalung Tuan Bulu Raya tahun yang dibuat pada tahun 1765.

Dari Keterangan Cucu Tuan Bulu raya Hendra Saragih dan Anton Garingging, Dahulu nya Tuan Bulu Raya tetap membina baik hubungan ke Paman ( Tulang) ke Tuan Simarimbun  ( Purba Dasuha) Yang mempunyai Bnyak Kesaktian seperti Haguruon ( Ilmu batin) Partimah siborong borong dan Huda ditajor yang Mengalahkan Musuh hingga berbatas Siantar dimasa itu. 

Tuan Bulu raya Tn Huluan Saragih Garingging mempunyai Tondong ( Paman ) bermarga purba dasuha dari Kerajaan Panei ( Tn Simarimbun) ,Panglima bermarga Saragih Sumbayak Partalun buluh dan Anak boru jabu marga damanik ( Tn Sokkur) salah satu nya. Boru bermarga Purba Pakpak. 

Tuan Bulu Raya Tuan Suhuluan   Dimasa tahun 1885 adalah Seorang Saudagar Kaya yang tersohor Adil dan bijaksana dalam masa Pemerintahannya dimana dimasa Itu suburnya tanaman Lada yang sumber pertanian masa itu berjalin hubungan baik dengan Raja Padang ( Serdang bedagai) dan Garis Keturunan Dari Rumah bolon Kerajaan Raya ( Disurat dibuku Pdt J.Wismar tahun 1937.

Wilayah Kekuasaan nya berbatasan dengan Saudaranya sendiri dari Kerajaan Raya sebelah utara Tuan Raya dolok dan sebelah timur langsung dari Kerajaan Raya dan Kekuasaan Tuan Buluh Raya mulai Huta Badursa ( Bah Biruh pada saat ini nama nya) Hingga ke Sindarraya - Raya kahean .

Ketika Partuanon Raya diberikan Raja NAGUR ( Kerajaan Batak Timur Raya) Kekuasaan menjadi Kerajaan disitulah mulai disebut RAJA ,Bukan pattapei Sihilap Menentukan RAJA itulah sebabnya Tuan BULUH RAYA pada saat itu disebut Rakyatnya sebagai RAJA.( R/Ton).
×
NewsKPK.com Update