Notification

×

Iklan

Iklan

Lanal Palu Aktif Beri Pelatihan Selam Dasar

Senin | 2/17/2020 WIB Last Updated 2020-02-17T09:01:14Z
Parimo, Sulawesi Tengah – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palu Aktif memberikan pelatihan selam dasar. Tidak hanya untuk jajaran internal Lanal Palu, bahkan para pemuda dan pemudi sebagai langkah pembinaan.

Salah satu contoh adalah pelaksanaan pelatihan selam dasar yang dilaksanakan di pantai desa Lebo Kecamatan Parigi Kabupaten Parimo, Minggu (16/2/2020).

Pelatihan selam dasar antara Lanal Palu bersama Pos TNI AL (Posal) Parimo, Keluarga Besar Lanal Palu dan Saka Bahari Binaan Lanal Palu serta pemuda Desa Lebo ini dilaksanakan selama dua hari, sejak minggu hingga senin, 15 sampai 16 Februari 2020.

Pelatih dari Lanal Palu selaku Instruktur selam adalah Kapten Laut (T) Hari Sujarwo yang sehari-harinya bertugas sebagai Pgs. Paspotmar Lanal Palu sekaligus sebagai pembina pemuda maupun pemudi Bahari di Sulawesi Tengah khususnya wilayah kerja Lanal Palu.

Selama dalam pelatihan, para peserta diberikan materi dan praktek selam. Diantaranya pengecekan dan pengisian peralatan dan tabung selam, teori serta pengetahuan alat selam.

"Untuk praktek, ada pemanasan fisik di darat dan di air, praktek masker clearing dan snorkel clearing, praktek menyelam SCUBA dikedalam 1 meter – 2 meter, dan praktek menyelam dikedalaman 5 meter," kata Kapten Laut (T) Hari Sujarwo.

Ia menambahkan, rasa syukur dan ucapan terimakasih disampaikan kepada Komandan Lanal Palu Letkol Laut (P) Rahadian Rahmadi, S.E., M. Tr. Hanla. Karena telah memberikan kesempatan kepada Anggota Keluarga besar Lanal Palu mengadakan pelatihan selam dasar.

"Dan juga kepada Anggota Saka Bahari Binaan Posal Parimo serta bagi pemuda di Desa Lebo guna mengikuti kegiatan Selam Dasar," tutur Pgs. Paspotmar Lanal Palu, Kapten Laut (T) Hari Sujarwo.

Latihan selam dasar ini, lanjut Kapten Laut (T) Hari Sujarwo, bertujuan untuk membekali peserta latihan dengan kemampuan selam dasar untuk melihat kekayaan sumber daya alam bawah laut di wilayah Indonesia pada umumnya lebih khusus di desa Lebo.

"Kita berharap melalui pelatihan ini wawasan tentang kelautan menjadi tolak ukur agar senantiasa kita selalu menjaga kelestarian alam bawah laut," terang Kapten Laut (T) Hari Sujarwo.

Kegiatan selam dasar ini di ikuti oleh Pasintel Lanal Palu Mayor Laut (P) Aspiono Torohula, Pasminlog Lanal Palu Mayor Laut (T) Warsono, Kapten Laut (T) Anang Budi Santoso, Kapten Laut (T) Toni Restu Bintoro.

Hadir pula, Danposal Parimo Letda Laut (P) Aditya Nugroho dan Keluarga Besar Lanal Palu, Pemuda dan pemudi Saka Bahari Binaan Lanal Palu serta pemuda di Desa Lebo yang begitu antusias
×
NewsKPK.com Update