Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Muaro Jambi, Hadiri Sosialisasi KUR, Berharap Pelayanan KUR Muaro Jambi Dimudahkan

Kamis | 2/20/2020 WIB Last Updated 2020-02-20T09:02:35Z
Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Muaro Jambi melakukan sosialisai KUR

MUAROJAMBI-Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Muaro Jambi melakukan sosialisai KUR dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jambi ke Pemda dan UMKM Kabupaten Muaro Jambi.

Bupati Muaro Jambi, Hj.Masnah Busyro,SE, dalam kesempatan menghadiri acara ini meminta kepada Kepala Diskoperindag Kabupaten Muaro Jambi untuk turut memberikan kemudahan dan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mengajukan pinjaman melalui KUR. Masnah berharap kemudahan ini bisa memberikan minat masyarakat untuk menggunakan KUR.

Kepala Dirjen Perbendaharaan Provinsi Jambi, Supendi, menyebutkan bahwa penyaluran KUR diprioritaskan pada sektor Produksi yaitu meliputi sektor yang menambah jumlah barang dan/atau jasa pada sektor pertanian, perburuan dan kehutanan, sektor kelautan dan perikanan.

Sektor lainnya kata Supendi yaitu sektor industri pengolahan, sektor konstruksi, sektor pertambangan garam rakyat.

"Termasuk sektor pariwisata, sektor jasa produksi dan/atau sektor produksi lainnya.Pada tahun 2020, target sektor produksi minimal sebesar 60% dari total penyaluran KUR," Jelasnya.

Dilanjut dijelaskan Supendi pada tahun 2019, Kabupaten Muaro Jambi berada pada urutan kedua dalam realisasi penyaluran KUR yakni sebesar Rp355.742 juta.
Sementara untuk debitur, Kabupaten Muarojambi berada pada urutan ke empat sebanyak 6.812 debitut.

Kemudian Kepal Dinas Koperindag Muaro Jambi Nur Subiantoro juga menjelaskan bahwa disisi lain di Kabupaten Muaro Jambi terdapat 2.222 pelaku UMKM yang saat ini mulai berkembang. Adapun dari jumlah tersebut yang sudah mengajukan ada sekitar 500 pelaku UMKM.

"Jadi untuk KUR ini bunganya di subsidi oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Keuangan RI, yang dalam hal ini diwakili oleh Dirjen Perbendaharaan. Jadi melalui sosialisasi ini, agar informasi KUR ini tersampaikan ke masyarakat," Jelasnya.

Nur, pun berharap dengan adanya sosialisasi KUR ini banyak masyarakat yang mengambil start untuk mengembangkan usaha yang ada. Terlebih lagi bunga KUR telah disubsidi oleh pemerintah, sehingga kemudahan dalam pembayaran ini dapat dirasakan oleh masyarakat.

Hadir pada sosialisasi ini tampak ada Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro,SE tentunya, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Muaro Jambi, Nur Subiantoro, Kepala Dirjen Perbendaharaan Provinsi Jambi, Supendi serta Kepala Pimpinan Bank Mandiri Jambi, Sularso. Dan hadir juga Forkompinda dan sejumlah pelaku UMKM di Kabupaten Muaro Jambi. (Rdw/Adv)
×
NewsKPK.com Update