Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Morowali Mengajak Masyarakat SP2020 Secara Online

Rabu | 2/19/2020 WIB Last Updated 2020-02-19T02:58:13Z

Morowali- Rapat Koordinasi Sensus Penduduk tahun 2020 yang di berlangsung di laksanakan di Kabupaten Morowali Resmi di buka oleh Bupati Morowali, Rabu(19/02/2020)


Bupati Morowali Drs.Taslim Menyampaikan dalam sambutanya berdasarkan Undang-undang No 16 tahun 1997 tentang statistik dan peraturan pemerintah nomor 51 tahun 1999 tentang penyelenggaraan Statistik,Serta rekomendasi PBB Mengenai Sensus Penduduk dan perumahan tahun 2020 Badan Pusat Statistik(BPS)," Jelasnya.


Akan melaksanakan sensus penduduk 2020(SP2020) ini merupakan penyelenggaraan kegiatan pendataan lengkap seluruh penduduk Indonesia yang ke tujuh sejak tahun 1961 yang bertujuan untuk menyediakan data jumlah komposisi, persebaran, dan Penduduk, pengecekan ke lapangan, dan Penyisiran bersama ketua/Pengurus satuan lingkungan setempat,"Terangnya.


"Sementara pada tahap pencacahan, petugas sensus mendata penduduk yang belum melakukan sensus penduduk online.kami harapkan bapak/ibu dapat membantu untuk melancarkan proses verifikasi," Ucapnya.


"Saudara-saudara peserta rapat yang berbahagia kegiatan sensus penduduk 2020 ini sangat penting.peran serta hadirin semua merupakan kunci kesuksesan SP2020 di kabupaten Morowali," Ucapnya.


Sensus penduduk ini akan di jadikan dasar perumusan kebijakan pemerintah untuk perencaan pembangunan, dengan mengetahui jumlah penduduk suatu wilayah berdasarkan jenis kelamin, kelompok umur,"Terangnya.


Maka pemerintah baik pusat maupun daerah bisa memperoleh gambaran tentang kebutuhan suatu wilayah, setelah hasil akhir SP2020 ini keluar data hasil tersebut dapat digunakan oleh bapa/ibu sebagai dasar perencanaan pembangunan didalam menentukan kebijakan serta keputusan yang lebih tepat sasaran untuk di implementasi kepada masyarakat,"Tegasnya

"Pelaksanaan SP2020 ini sangat membutuhkan keterlibatan kita, terutama aparat pemerintah wilayah kabupaten yang bersentuhan langsung dengan Pemerintah kecamatan,Desa dan masyarakat.kunci sukses penyelenggaraan SP2020 adalah Koordinasi intensif dengan setiap kementrian/lembaga dan organisasi," Ungkapnya.

Perangkat Daerah(K/L dan OPD) serta jajaran pemerintah pusat dan daerah, baik sensus penduduk online maupun wawancara akan melibatkan camat,lurah,kepala desa, dan ketua/pengurus satuan lingkungan setempat(SLS) terkecil RT,RW,Dusun,lorong lingkungan dan sebagainya," Jelasnya.


Oleh karena itu Bupati Morowali Drs.Taslim menginstruksikan kepada Kepala OPD,Instansi Vertikal,BUMN,Camat ,lurah dan kepala desa di kabupaten Morowali untuk memberi dukungan dalam kegiatan SP2020,"Harapnya.

Sensus penduduk 2020 akan dilaksanakan dalam dua periode, periode pertama adalah sensus online yaitu seluruh aktif mengisikan data kependudukan nya secara mandiri melalui halaman website sensus.bps.go.id pada 15 Pebruari s.d 31 Maret 2020, kami harapkan bapak/ibu sekalian dapat berperan dalam mengikuti sensus penduduk online serta dapat membantu menyebarkan dan penduduk Indonesia dapat secara mengajak penduduk untuk aktif mengisi sensus penduduk Online," Tuturnya.

Periode kedua yaitu kegiatan verifikasi dan pencancahan lapangan yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 s.d 31 Juli 2020,Tutupnya.

Adv/Yohanes/Erni
×
NewsKPK.com Update