Anggota DPR dan MPR RI dari Fraksi PDI-P Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

Anggota DPR dan MPR RI dari Fraksi PDI-P Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

Senin, 10 Februari 2020, 21.14
Tanah Laut -  Anggota MPR RI dari Fraksi PDI-P dr H.Sulaiman Umar mengadakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan. Dalam Sambutanya Wakil Rakyat yang duduk di DPR RI dari daerah pemilihan 7 ini mengatakan Salah satu karakteristik Indonesia sebagai negara-bangsa adalah kebesaran, keluasan dan kemajemukannya.
Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan terdapat 1.128 suku bangsa dan bahasa, ragam agama dan budaya di sekitar 16.056 pulau.

Untuk itu perlu konsepsi, kemauan dan kemampuan yang kuat dan memadai untuk menopang kebesaran, keluasan dan kemajemukan keIndonesiaan.

Konsepsi tersebut disebut sebagai Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara atau Empat Pilar Kebangsaan.jelasnya


Dalam Materi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini di hadiri Nara sumber dari Tanah Bumbu H. Ambo Sakka dia menjelaskan tentang pengertian empat pilar dan isinya.
Empat pilar kebangsaan adalah tiang penyangga yang kokoh (soko guru) agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana.
Pilar adalah tiang penyangga suatu bangunan agar bisa berdiri secara kokoh. Bila tiang rapuh maka bangunan akan mudah roboh.

Empat pilar disebut juga fondasi atau dasar yang menentukan kokohnya bangunan.

Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat, dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat.


Bupati Tanah Laut, Sukamta, dalam sambutanya berharap seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Tanah Laut dapat mengamalkan nilai 4 pilar MPR RI, agar keharmonisan seluruh rakyat Bumi Tuntung Pandang selalu terjaga.


Sukamta menambahkan, pemilihan 4 pilar adalah untuk mengingatkan kembali kepada seluruh komponen bangsa agar pelaksanaan dan penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara terus di jalankan, dengan tetap mengacu pada tujuan negara yang di cita-citakan, serta bersatu padu mengisi pembangunan demi bangsa Indonesia lebih maju dan sejahtera.
” Empat pilar MPR RI adalah empat landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang terdiri dari landasan ideologi, konstitusi, persatuan dan kesatuan, dan semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan bangsa Indonesia ” jelas Sukamta
Oleh karena itu dengan kegiatan sosialisasi 4 pilar MPR RI ini diharapkan bisa menjadi benteng untuk keutuhan NKRI ” harapnya(Heryand)

TerPopuler