Notification

×

Iklan

Iklan

Kades Nahi Di Duga Tilep Dana Desa, Warga Adukan Ke Pamda Sula

Selasa | 1/14/2020 WIB Last Updated 2020-01-14T00:42:47Z
Kepsul  - Desa Nahi Kecamatan Sulabesi Barat Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Arham Buamona, diduga menggelapkan anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Puluhan warga resmi mengadukan Kepala Desa kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kepulauan Sula.

Aduan puluhan warga asal Desa Nahi diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Syafrudin Sapsuha, Kepala Inspektorat Kepsul H. Kamaludin Sangadji, serta sejumah pejabat lingkup Pemda Kepsul di ruang rapat Sekda, Lantai II Kantor Bupati Kepsul. Senin (13/01/20) Pagi.

Dalam pertemuan tersebut, Warga Nahi menyampaikan tuntutannya sebanyak 26 point seperti, Dugaan Korupsi Pengelolaan DD dan ADD Desa Nahi, Penyelewengan Jabatan Aparat Desa, serta Jual beli beras raskin kepada warga Desa Nahi beberapa pekan lalu. Untuk itu, Warga meminta kepada Inspektorat dan Polres Kepsul serta aparat yang berwenag untuk segera melakukan audit investigasi atas pengelolaan DD dan ADD dari tahun 2016-2019 pekan kemarin.

Ardi Umafagur, perwakilan warga Desa Nahi menyampaikan bahwa ini akumulasi dari berbagai kesalahan yang dilakukan Kades Kades Desa Nahi, sehingga pembangunan di desa kami tidak ada dampak dan tidak ada kesejahteraan masyarakat," Tegasnya.

Selain itu, Abangmus Umasugi, juga menambahkan bahwa, warga nahi juga menyesalkan pengelolaan DD dan ADD di Desa Nahi yang terkesan tertutup dan menyimpang dari Pasal 82 UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa yang mengamanahkan keterbukaan dan transparansi dalam pengelolaan DD dan ADD. Menurutnya, "Indikasi Korupsi begitu besar di Desa Nahi, Kami meminta Polres dan Kejari Kepsul segera memanggil dan memeriksa Kepala Desa Nahi," Harapannya.

Sementara itu Pihak Pemda Kepsul dalam hal ini Sekda Syafrudin Sapsuha mengatakan, Kami sangat menghormati apa yang disampaikan masyarakat Desa Nahi, namun sekali lagi kami harus terlebih dulu menguji Data dan berbagai Dugaan yang diadukan hari ini, kemudian yang terpenting jika terbukti kami juga harus mengkonsultasikan terkait pergantian, mengingat hal ini menjelang Pilkada, agar Kami juga tidak menabrak aturan," Ungkap Sekda.

Dalam waktu yang bersamaan, Kepala Inspektorat Kepsul H. Kamaludin Sangadji, berjanji dalam waktu dekat segera turun di Desa Nahi Kec. Sulabesi Barat untuk menguji sejumlah aduan masyarakat Desa Nahi yang disampaikan hari ini.

"Kami sangat merespon apa yang disampaikan warga Nahi hari ini dan harus mendapat respon positif oleh pemda kepsul, untuk itu sebagai langkah yang strategis dalam waktu dekat saya akan membentuk tim untuk melakukan audit investigasi atas pengelolaan DD Dan ADD di desa tersebut," Ungkapnya .

Setelah pertemuan, Puluhan warga Desa Nahi juga meminta kepada Pemerintah Daerah melalui Sekda Kepsul agar segera mencopot Arham Buamona sebagai Kepala Desa Nahi. dan jika tuntutan kami ini tidak di hiraukan oleh pihak Pemda, Kami akan mendatangi Kantor Bupati yang kedua kalinya dengan masa yang kebih banyak sekaligus memboikot aktifitas Pemerintah Desa Nahi.
×
NewsKPK.com Update