Notification

×

Iklan

Iklan

Gelar Pelantihan Peningkatan SDM di Lingkup Pemdes , BPD Serta Lembaga Desa Pultab - Malut

Senin | 1/13/2020 WIB Last Updated 2020-01-13T03:10:42Z
Taliabu - Minggu, 12/01/2020. Kepala Pemerintahan Desa (Kades) Dege yakni Naser Mus,  Gelar Pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia dilingkup Pemerintah Desa, BPD Serta Lembaga Desa, Kecamatan Taliabu Utara, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu,  11-01-2020 diaula Kantor Desa Kilong Taliabu Barat itu dibuka langsung oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Pulau Taliabu,  Muhammad Amrul Badal,  yang sekaligus sebagai Pemateri Dalam Kegiatan yang dimaksud.

Turut hadir dalam kegiatan Kepala Pemerintahan Kecamatan (Camat)  Taliabu Utara Karim Soamole, Kabid dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pulau Taliabu, Para Pendamping Desa Serta Seluruh Aparat Desa dan BPD Desa Dege sebagai Peserta Kegiatan.

Menurut Kades Dege,  Bahwa
Kegiatan tersebut dalam upaya peningkatan sumber daya Aparatur pemerintah Desa sehingga perlu adanya Bimbingan Teknis, karna dinilai sebagian besar dari 71 Desa yang berada di Kabupaten Pulau Taliabu masih Minim Pengetahuan dalam menjalankan Roda Pemerintahan, sehingga aparat pemeritah Desa dalam pelaksanaan tugas dan tupoksinya dinilai masih belum Maksimal.

"infonya bahwa 71 Desa di kabupaten pulau taliabu, banyak persoalan yang terjadi, termasuk ketidak mampuan aparat Desa dalam melakukan tugas-tugasnya, dengan minimnya pengetahuan aparat Desa dan pengelolaan dalam Pemerintahan Desa, sehingga Kepala Desa pun harus kerja sendiri."jelasnya

Selain itu,  Naser juga menjelaskan bahwa pelaksanaan Pelatihan yang sengaja dilaksanakan dalam Lingkup Daerah sebagai Upaya Meminimalisir Anggaran Desa yang seharusnya digunakan untuk Pembangunan Desa, selain itu pelaksanaan kegiatan Dalam Daerah Sangat Efektif ketimbang dilaksanakan Diluar Daerah seperti yang dilakukan Oleh Desa Lainnya DiTaliabu.

"Diadakannya pelatihan peningkatan aparat Pemerintah Desa Dege di dalam Daerah, tentunya sangat efektif dan dapat mengimalisir anggaran di bandingkan ke luar daerah, hal ini dapat di jadikan sebagai contoh untuk beberapa desa lainya" lanjut Naser.


Naser Berharap dengan terselenggaranya Kegiatan Bimtek dan pelatihan yang dibaru saja diadakannya dapat meningkatkan pengetahuan tentang tata pemerintahan desa,  sehingga masing - masing perangkat dapat memahami tugas dan fungsinya.

"Dengan adanya Kegiatan seperti ini, saya anggap bahwa ini sangat lajim, supaya perangkat desa, BPD dan LPM itu bisa tau fungsinya masing-masing. harapan saya apa yang disampaikan oleh pemateri keseluruh peserta, dapat memahami tugas dan tanggung jawab" TutupNya.
×
NewsKPK.com Update