Notification

×

Iklan

Iklan

2 Orang Pengidap AIV Dan AIDS Pultab ,Maluku Utara

Rabu | 1/08/2020 WIB Last Updated 2020-01-08T13:57:20Z

BOBONG - Dinkes Pulau Taliabu Temukan 2 Pengidap HIV-AIDS - Dinas kesehatan (dinkes)  Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara menemukan 2 orang yang telah terinfeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV)- Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS).

virus yang yang menular lewat Seks tanpa pengaman (seks tanpa kondom), Pemakaian bersama jarum dan peralatan lain untuk menyuntik obat, tindik atau tattoo yang tidak steril,  Ibu dan anak selama masa kehamilan, persalinan dan menyusui, hingga transfusi darah.

Penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh ini membuat tubuh menderita cepat terkena segala bentuk penyakit. Dinkes Pulau Taliau mengatakan dari 2 kasus tersebut, 1 di antaranya telah meninggal dunia pada tahun 2019 lalu dengan status positif Aids.

Sahrul, Kepala Bidang pencegahan dan penanganan penyakit kepada media ini Rabu (08/01/2020) mengatakan dinkes pada tahun 2020 ini bakal terus melakukan pemantauan dan indentifikasi HIV-AIDS.

"Sebenarnya informasi ini belum bisa kami sampaikan, karena 2 orang yang kami sebut telah terinfeksi hiv-aids baru melalui tahapan pemeriksaan awal, masih ada dua tahap lagi.

Tetapi 1 yang terinfeksi telah meninggal, sebelumnya dia telah melakukan pemeriksaan di luar Taliabu, dan dari hasil pemeriksaan tersebut dirinya telah di vonis terinfeksi Aids" Ucap Sahrul.

" Alhamdulillah tahun ini sudah ada anggaran untuk melakukan pelatihan penanganan penyakit hiv-aids. Ini penyakit yang berbeda dengan penyakit lain, penanganannya sangat hati-hati dan rahasia, Karena kalau data pribadi pengidap ini bocor maka dampak sosialnya sangat tinggi" tambahnya.

Ia berharap agar masyarakat bisa menerapkan cara hidup sehat dan baik, agar terhindar dari berbagai macam penyakit. (Jak)
×
NewsKPK.com Update