Notification

×

Iklan

Iklan

Kejari Rote Ndao, Peringati Hari Antikorupsi Sedunia 2019, Begini Penegasan Jaksa Agung

Senin | 12/09/2019 WIB Last Updated 2019-12-09T02:53:45Z
ROTE NDAO - Kejaksaan Negeri Rote Ndao menggelar upacara peringatan hari anti korupsi di Halaman Kantor Kejari Baa, Senin (9/12).pagi

Upacara di pimpin oleh Kepala Kejaksaan Negeri Rote Ndao,Indra hidayanto,SH.MH,tirut hadir seluruh jajaran Kejari Rote Ndao.

Adapun Tema peringatan Hakordia 2019 adalah “Bersama Melawan Korupsi Mewujudkan Indonesia Maju”.

Jaksa Agung RI Burhanuddin dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kajari Rote Ndao , Indra hidayanto,SH.MH mengatakan kejahatan korupsi diakui tidak hanya sebagai masalah yang sangat kompleks, meluas, namun juga bersifat sistemik. Fakta menunjukkan, seringkali korupsi tumbuh subur sebagai bagian dari masifnya kekuasaan ekonomi, hukum dan politik dan bahkan bagian dari sistem itu sendiri.

Oleh karena itu, dalam hal penanggulangan korupsi ini tidak hanya semata-mata diperlukan langkah-langkah pemberantasan yang bersifat sinergis, komplementer, terintegrasi dan proporsional, namun orientasi penanggulangannya juga harus dapat memberikan solusi yang memberikan manfaat bagi perbaikan sistem, jelasnya.

Selain itu, persoalan korupsi sistemik tersebut dalam perkembangannya, terdapat beberapa persoalan penting yang harus kita waspadai bersama. Modus operandi untuk melakukan kejahatan korupsi saat ini yang sudah sedemikian canggih, karena telah memanfaatkan berbagai ilmu kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, ungkapnya.

Di samping pula persoalan yang berkaitan dengan sikap permisif sebagian besar masyarakat terhadap korupsi, yang turut memberikan andil cukup besar sebagai faktor penghambat signifikan terbebasnya negeri ini dari bahaya perbuatan korupsi.

Kondisi tersebut, tentunya harus diimbangi dengan adanya kesiapan, kapasitas, dan kompetensi dari aparat penegak hukum kejaksaan, serta didukung pula dengan instrumen hukum yang memadai agar upaya pengungkapan kasus korupsi dapat berjalan secara optimal dan kesadaran anti korupsi pada masyarakat dapat terbentuk
Usai upacara di lanjutkan demgan pembagian Stiker Hari Anti Korupsi Sedunia (Harkodia).(AL)
×
NewsKPK.com Update