Atasi Stunting, UPT PKM Lungkang Kule Kejasama Lintas Sektor.

Atasi Stunting, UPT PKM Lungkang Kule Kejasama Lintas Sektor.

Sabtu, 14 September 2019, 04.36
Kaur, Bengkulu Newkpk.com - Dinas kesehatan kabupaten Kaur melalui UPT Puskesmas (PKM)  Lungkang Kule,kecamatan lungkang kule, kabupaten kaur, Provinsi Bengkulu Dalam hal ini Bekerja Sama Lintas sektor dengan melibatkan unsur pemerintahan di wilayah PKM tersebut,  guna mengatasi masalah stunting di kabupaten Kaur.

Hal ini dilakukan mengingat kabupaten Kaur termasuk zona merah lokus stunting berdasarkan data  Riskesdes kementerian kesehatan tahun 2013.
Tidak hanya itu UPT Puskesmas Lungkang Kule juga mendukung  program kesehatan lainya di antaranya pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM),PIS-PK, serta program kaur sehat GURITAKU.

Dan untuk wilayah UPT PKM lungkang  Kule ada satu desa yang termasuk kategori desa lokus stunting.


Kepala Puskesmas (Kapus) Lungkang Kule Rialdi,SKM.  Mengatakan pihaknya terus berupaya menekan masalah Stunting di wilayah yang dia pimpin dengan memberikan sejumlah asupan Gizi pada balita dan ibu hamil dalam kegiatan rutin posyandu.


" berdasarkan hasil riskesdas 2013 kecamatan lungkang kule ditetapkan  satu desa lokus stunting  diantaranya,  Desa Datar Lebar Dua.
kegiatan yg kita lakukan untuk menekan dan mencegah stunting dengan memberikan sejumlah asupan Gizi dan
pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri dan ibu hamil,  penyuluhan kespro dan 1000 HPK bagi catin di KUA, melaksanakan kelas  ibu hamil, pemberian PMT bagi ibu hamil KEK,  memberikan penyuluhan kesehatan, pemberian obat cacing,  promosi GERMAS,  melaksanakan pemicuan untuk stop buang air besar sembarngan menuju desa ODF.Dan kegiatan lain yang sifatnya promotif dan preventif dengan tujuan menekan dan mencegah stunting. 
hal ini selaras dengan program kabupaten kaur yaitu aksi GURITAKU menuju kaur bebas stunting 2030" Tuturnya saat di hubungi via whatsapp, jum'at  13/09/2019.


Selain itu  program kesehatan lainnya, UPT Puskesmas Lungkang kule bekerjasama dalam lintas sektor dengan unsur pemerintahan di wilayah kecamatan Lungkang Kule.


"Dalam program kesehatan lainnya  yang bersentuhan dengan Sinting juga kita dukung seperti halnya kegiatan STBM. diantaranya pemicuan yg tujuannya mengubah prilaku masyrakat sudah kita lakukan.Dan pemerintahan desa di wilayah kecamatan Lungkang kule merespon positif untuk melakukan kerjasama menuju kaur sehat 2030 Bebas stunting dan BABS."Demikian tutupnya. [ SUMANTRI.]

TerPopuler