Notification

×

Iklan

Iklan

Kepling, Pengurus Parpol dan Ormas Ikuti Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Wawasan Kebangsaan

Jumat | 7/12/2019 WIB Last Updated 2019-07-12T06:31:15Z
Pematangsiantar-Sumut. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pematangsiantar menggelar sosialisasi Peraturan Perundang-undangan bidang wawasan kebangsaan. Sosialisasi diikuti kepala lingkungan (kepling) dari tiga kecamatan, yaitu Siantar Timur, Siantar Selatan, dan Siantar Simarimbun. Ditambah pengurus partai politik (parpol) dan pengurus organisasi kemasyarakatan (ormas). Sosialisasi yang digelar di Hotel Sapadia Jalan Diponegoro, Jumat (12/7) itu dihadiri Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Leonardo Simanjuntak SH MHum.

Hefriansyah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Leonardo mengatakan bangsa Indonesia merupakan bangsa majemuk karena terdiri atas berbagai suku bangsa, adat istiadat, budaya, bahasa daerah, serta agama yang berbeda-beda.

“Keanekaragman tersebut mengharuskan setiap langkah dan kebijakan negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diperkuat dengan persatuan dan kesatuan,” katanya.

Para peserta sosialisasi pun diajak meningkatkan pemahaman empat konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tujuannya, dapat mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sehingga Indonesia mampu menjadi bangsa yang makmur, sejahtera, dan bermartabat.

“Dalam melaksanakan tugas-tugas pelayanan sehari-hari, para peserta dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat di wilayah masing-masing tentang empat konsensus dasar. Sehingga proses pembangunan, kerukunan, dan toleransi dapat berjalan dan terlaksana guna mewujudkan Siantar Mantap, Maju, dan Jaya,” katanya lagi.

Sementara dalam laporannya Plt Kaban Kesbangpol Pematangsiantar Drs Pardamean Silaen MSi menjelaskan maksud dan tujuan pelaksanaan sosialisasi tersebut, yakni memantapkan pemahaman tentang empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara bagi unsur masyarakat di Kota Pematangsiantar.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Rektor Universitas Simalungun (USI) Dr Corry Purba MSi dan Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan sebagai narasumber. (Red/Tim)
×
NewsKPK.com Update