HEADLINE NEWS

BPBD Pemkab Taliabu Akan Bangun Jembatan Darurat Desa Pacando

Pulau Taliabu, newskpk.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulau Taliabu, Akan Dibangun jembatan darurat Desa Pancado Kecamatan Taliabu Selatan ( Tal-sel ) yang ambruk akibat meluapnya Sungai usai diguyur hujan deras beberapa minggu yang lalu .

Akibat ambruknya jembatan darurat tersebut, aktivitas warga di kedua desa yang dipisahkan jembatan darurat, yakni  Desa pencado  dan Maluli , Kecamatan Tal -Sel menjadi terhambat.

BPBD sendiri langsung meninjau Jembatan Darurat  tersebut bersama pemerintah desa setempat untuk mendapatkan gambaran pasti terkait ambruknya jembatan itu.
Sekaligus,akan dibangun jembatan darurat yang nantinya bisa menjadi akses dan beraktivitas warga setempat.

“BPBD melakukan peninjauan serta dan akan membangun jembatan darurat agar memudahkan akses warga,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Pulau Taliabu  Sutomo Teapon , kepada newskpk.com 16/7/19

Akan tetapi, Sutomo menjalankan, jembatan darurat pengganti jembatan yang ambruk itu tidak bisa digunakan seperti jembatan permanen. Sebab, hanya bisa dilewati satu kendaraan roda dua saja secara bergantian. Itupun, harus dilalui dengan perlahan.

“Karena jembatan darurat ini kan sifatnya sementara, juga tidak bisa menahan beban yang cukup berat ,” jelasnya.

Kendati demikian, lanjut Sutomo, pihaknya nantinya juga akan melakukan kajian untuk kemudian dilakukan assement. Hasil kajian itu nantinya menjadi dasar bagi pihaknya untuk melakukan tindaklanjut.

Lebih lanjut, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat lebih baik jangan memaksakan melewati jembatan darurat saat terjadi hujan deras.

“Kalau hujan deras, sebaiknya masyarakat jangan memaksakan untuk melintas, demi menjaga keselamatan,” imbaunya.

Pemerintah Daerah kabupaten Pulau Taliabu  Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pulau Taliabu (BPBD PUL-TAB) akan segera membangun jembatan darurat penghubung antar desa Maluli dan desa Pencado kecamatan Taliabu selatan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Sutomo Teapon pada media ini 16-07-2019, "terkait banjir di kecamatan Taliabu Selatan yang mengakibatkan putus jalur akses desa Pencado dan desa Maluli  BPBD akan membangun jembatan darurat sebanyak tiga buah dan untuk tenaga tukangnya mungkin kami pakai dari masyarakat setempat saja.

Sementara ini kami tinggal menunggu proses dari Dinas Keuangan saja, Kalau sudah selesai urusan dari dinas keuangan sehari-dua ini kami dari BPBD langsung turun ke lokasi untuk membuat jembatan tersebut. (ucap Sutomo)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *