Notification

×

Iklan

Iklan

Pelaku Bom Kartasura Masuk Katagori Milenial LoneWolf

Selasa | 6/04/2019 WIB Last Updated 2019-06-04T04:10:54Z
SUKOHARJO - Polisi masih terus menyelidiki kaitan RA pelaku bom pospol Kartasura dengan jejaring  teror. Rumah tersangka juga sudah digeledah polisi.

Peneliti terorisme UI Ridlwan Habib menyebutkan kriteria pelaku termasuk katagori Lone wolf. "Serangan itu dilakukan oleh remaja yang tidak memiliki kaitan langsung dengan jejaring lama, istilahnya Milenial LoneWolf," ujar Ridlwan.

LoneWolf adalah sebuah istilah bagi pelaku bom yang beraksi sendirian dan termotivasi secara individual. Pelaku bisa termotivasi karena media sosial maupun situs situs yang pro terhadap terorisme.

Menurut Ridlwan, ada 4 ciri serangan itu dilakukan secara individual. Pertama, jenis bom yang sangat amatir. "Bahannya low explosive dari ramuan mercon, lalu diikatkan secara asal asalan di perutnya, pelaku bukan perakit bom yang berpengalaman," ujarnya.

Ciri yang kedua, dari pemilihan waktu sasaran yang jelang tengah malam. "Pelaku ketakutan dan mencoba mencari waktu yang paling sepi," katanya.

Ciri yang ketiga adalah sasaran . Yakni pospol Kartasura yang lokasinya sangat dekat dengan rumah pelaku. "Bahkan dengan berjalan kaki bisa ditempuh dalam waktu 20 menit, " katanya. Ini membuktikan serangan tidak terencana dengan baik.

Ciri yang keempat adalah jenis bom yang sama sekali tidak mematikan. Bom itu hanya bisa mematikan sasaran jika pelaku memeluk target. "Dari pengakuan beberapa saksi mata, pelaku bahkan ragu ragu mendekat. Ini sangat amatir. Pemuda labil yang terpengaruh faham radikalisme yang salah," ujar Ridlwan.

Karena itu, menurut alumni S2 Intelijen UI itu perlu ada upaya serius dari pemerintah untuk memberantas radikalisme yang menyimpang di kalangan Milenial.

>>Di Pospam Tugu Kartosuro Sukoharjo, Seorang Pemuda Diduga Melakukan Bom Bunuh Diri<<

Pada hari Senin tanggal 03 Mei 2019 sekitar pukul 22.20 Wib saksi Rakian Rangga Putra Perdana pada saat membetulkan TOA di pos pantau Pospam 1 Tugu Kartasura melihat orang yang tidak dikenal berjalan dari arah Selatan berjalan menuju Pospantau Pospam tugu kartasura memakai Kaos warna hitam dan celana Jeans dengan menggunakan Headset.

Kemudian saksi melihat orang yang tidak dikenal tersebut duduk ditrotoar depan Pospantau Pospam Tugu Kartasura. Kemudian sekitar pukul 22.30 Wib terjadi ledakan didepan Pos pantau pospam tugu Kartasura yang mengakibatkan orang yang tidak dikenal tersebut luka-luka.

Kemudian saksi dan anggota Polri yang berada di Pos pantau pospam tugu Kartasura menyelamatkan diri dan mensterilkan TKP. Orang yang tidak dikenal tersebut tergeletak dengan kondisi luka-luka.

Menurut saksi, setelah ledakan terjadi, yang bersangkutan langsung terjatuh dan berguling-guling. Terlihat pemuda itu kesakitan karena tangan dan perutnya terluka parah. Kini pelaku bom bunuh diri dalam perawatan serius di Rumah Sakit.

Sementara itu polisi yang bertugas di pos langsung mengambil tindakan :

1. Mengamankan TKP

2. Mensterilkan TKP

3. Mencari saksi

4. Membuat laporan awal melaporkan ke Pimpinan.(JN)
×
NewsKPK.com Update