Notification

×

Iklan

Iklan

Wakil Bupati Muaro Jambi Jadi Inspektur Upacara Pada Hardiknas 2019, Sampaikan Amanat Kemendikbud RI

Jumat | 5/03/2019 WIB Last Updated 2019-05-02T23:10:57Z

MUAROJAMBI- Pada perhelatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019 Wakil Bupati Muaro Jambi, berkesempatan  menjadi inspektur Upacara (Kamis, 2 Mei 2019) bertempat di lapangan  hijau depan Kantor Bupati Muaro Jambi.

Pada kesempatan pidatonya, Wakil Bupati Muaro Jambi membacakan Amanat Kementerian pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. " dalam perspektif Kementerian Pendidikan Nasional terhadap pembangunan sumber daya manusia (SDM) menekankan dua penguatan yaitu : pendidikan karakter dan penyiapan generasi pendidikan yang terampil memasuki dunia kerja", Tutur Wabup Bambang Bayu Suseno dihadapan peserta Apel. lanjutnya

"Pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia sopan santun dan bertanggung jawab serta berbudi pekerti yang luhur", Harapnya.

Dia (Wabup-red) mengingatkan kembali bahwa peringatan Hardiknas mengangkat tema : "Menguatkan Pendidikan Untuk memajukan Kebudayaan"  seyogyanya mencerminkan pesan penting dari Ki Hadjar Dewantara sebagai tokoh pendidikan di Indonesia. terkait  hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang sarat  nilai dan pengalaman kebudayaan. Hal ini untuk membingkai hadirnya sumberdaya manusia yang berkualitas demi terwujudnya Indonesia yang maju.

Kemudian dilanjutkannya lagi, hadirnya Revolusi Industrian telah memengaruhi cara hidup bekerja dan belajar. Perkembangan teknologi yang semakin canggih. dapat memengaruhi cara berpikir dan berperilaku serta merubah karakter peserta didik saat ini.

Menurut BBS (panggilan akrabnya sehari-hari) peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat saat ini. "peserta didik didominasi Generasi yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi apalagi saat ini lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui pusat pendidikan yaitu keluarga sekolah dan masyarakat", terang Wabup.

Ditambahkannya,  "dalam kontek kebudayaan berbasis pendidikan nasional menurut Undang-Undang Nomor.5 tahun 2017 kemajuan kebudayaan tentang kongres kebudayaan diharapkan meningkatkan pula kebudayaan. Para pegiat literasi para tokoh agama, wartawan dan kontributor pendidik lainnya yang tak lelah menyalakan mimpi memberikan inspirasi serta membuka jalan terang bagi masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya." Tandasnya

Upacara ini dihadiri oleh unsur Forkopimda di lingkup Pemkab Muaro Jambi OPD ,SKPD Muaro Jambi Kapolres Muaro Jambi guru-guru Kepala Sekolah tokoh agama, Kejari Sengeti, para Asisten Setda Muaro Jambi, dan siswa-siswi tingkat SD, SMP, (Rdn/Adv)
×
NewsKPK.com Update