Notification

×

Iklan

Iklan

Politeknik Tanah Laut Bersama BPSDM dan Kominfo Gelar Pelatihan

Senin | 3/18/2024 WIB Last Updated 2024-03-18T07:52:54Z


TANAH LAUT - Politeknik Tanah Laut bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDMP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Banjarmasin, menggelar program pelatihan Vocational School Graduate Academy (VSGA) untuk meningkatkan keterampilan digital para mahasiswa yang ada di Politeknik Negeri Tanah Laut. Kegiatan ini diadakan sebagai upaya untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan dan tuntutan era digital.


Acara pelatihan Vocational School Graduate Academy (VSGA) ini dihadiri oleh Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut, Wakil Direktur I Bidang Akademik, Ketua Jurusan Komputer & Bisnis, serta Kepala BPSDMP Kominfo Banjarmasin Syarifuddin S.Sos, M.A serta PIC Akademi VSGA, M.Khotibul Umam, S.Kom. 


Lebih dari 100 mahasiswa dari Politeknik Negeri Tanah Laut turut serta dalam program pelatihan yang berlangsung pada hari Senin tanggal 18 Maret 2024, yang berlangsung di aula GTI Nadiem Anwar Makarim. Para mahasiswa diberikan kesempatan untuk mendalami berbagai materi di antaranya :

1. Self-paced Learning (Belajar Mandiri) Dimana peserta Pelatihan dan Sertifikasi (Daring) belajar secara mandiri melalui laptop/komputer, jadwal pelaksanaan Self-paced Learning (Belajar Mandiri) diatur secara mandiri oleh peserta dalam batas durasi pelatihan yang telah ditentukan;

2. Pertemuan Kelas: sesi pertemuan dengan pengajar secara langsung, peserta Pelatihan dan Sertifikasi (Luring) belajar secara tatap muka sedangkan Pelatihan dan Sertifikasi (Daring) belajar melalui live session (webinar);

3. Hands-on Labs: Peserta akan mengerjakan suatu project, baik secara mandiri atau berkelompok;

4. Evaluasi: peserta akan mengikuti proses evaluasi pelatihan dalam bentuk kuis, ujian, atau menyelesaikan sebuah project;

5. Program Sertifikasi: program ini diberikan khusus kepada peserta yang memiliki kriteria sesuai dengan ketentuan dan keputusan Panitia Digital Talent Scholarship Kementerian Kominfo; dan

6. Pasca Pelatihan: peserta yang menyelesaikan pelatihan akan mendapatkan tambahan pelatihan pengembangan soft skills.


Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut, Dr. Mufrida Zein, S.Ag, M.Pd, menyatakan bahwa kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada mahasiswa mengenai teknologi informasi dan komunikasi (TIK). "Kami ingin memberikan bekal yang cukup kepada generasi muda dalam menghadapi perkembangan teknologi yang begitu pesat. Melalui program ini, diharapkan para mahasiswa dapat memiliki keterampilan yang relevan dengan tuntutan pasar kerja masa depan," ungkapnya.


Direktur juga menyatakan bahwa Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) ini merupakan program pelatihan dan sertifikasi berbasis kompetensi nasional yang ditujukan bagi lulusan SMK/sederajat serta Diploma 3 dan 4 yang belum bekerja dan memiliki latar belakang pendidikan di bidang Science, Technology, Engineering, dan Math (STEM). Program VSGA terdiri dari Pelatihan dan Sertifikasi yang diselenggarakan secara luring dan daring. Tujuan Program VSGA untuk menyiapkan talenta digital dengan standar kompetensi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).


Direktur juga menambahkan bahwa Politala sangat mendukung program ini sebagai bagian dari upaya dalam meningkatkan literasi digital di kalangan Mahasiswa. Dan diiharapkan, dengan terselenggaranya Pelatihan dan Sertifikasi Program VSGA baik secara luring maupun daring dapat meningkatkan kompetensi lulusan Pendidikan Vokasi yang akan berdampak dalam upaya pengurangan angka pengangguran serta mempercepat alih kompetensi (upskilling dan reskilling) SDM masyarakat Indonesia yang diakibatkan perubahan jenis pekerjaan dalam Revolusi Industri 4.0 sehingga mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi di Indonesia" ujarnya.


Para peserta pun tampak antusias mengikuti berbagai sesi pelatihan yang diselenggarakan. Para peserta menyambut baik kesempatan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan mereka dalam bidang teknologi informasi. Mereka berharap program serupa dapat terus diadakan agar lebih banyak lagi pelajar maupun mahasiswa yang dapat merasakan manfaatnya.

×
NewsKPK.com Update