Notification

×

Iklan

Iklan

Edukasi Warga, Penjabat Bupati Rote Ndao Turun Langsung Ke jalan Bersihkan Sampah

Jumat | 2/23/2024 WIB Last Updated 2024-02-23T03:10:56Z


ROTE NDAO - Penjabat Bupati Rote Ndao,Oder Max Sombu di dampingi Ketua TP PKK Rote Ndao Ny. Yuliana Henukh. Serta Perangkat Daerah, Camat, dan Lurah melaksanakan kegiatan Jumat Bersih di seputaran Kota Ba'a, ibu kota Kabupaten Rote Ndao, Jumat (23/02/2024). 


Kegiatan Jumat Bersih itu, difokuskan pada tiga wilayah keluarahan di Kota Ba'a, yakni Metina, Namodale, dan Mokdale itu, dilakukan pembersihan sampah, drainase, dan pemotongan rumput dan tanaman di pinggirann jalan protokol Ba'a-Pantai Baru dan Ba'a Busalangga. 


Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu tampak turun langsung bersama para ASN Kelurahan Metina Esa Pello bersama perangkat kelurahan, dan warga membersihkan lokasi di depan Pasar Metina. 


Tak tanggung-tanggung Oder Sombu turun langsung ke dalam Lubang got untuk membersihkan sampah plastik dan potongan ranting pohon yang menyumbat saluran drainase. 


Ditemukan banyak sampah plastik dan ranting pohon tumbang yang menyumbat drainase di tempat itu. 


Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) Kabupaten Rote Ndao untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampat di Desa Oelunggu. 


Setelah membersihkan drainase di depan Pasar Metina, Penjabat Bupati Rote Ndao melakukan pantauan ke beberapa titik lokasi Jumat Bersih yang telah ditentukan. 


Penjabat Bupati Oder Maks Sombu kepada Wartawan menjelaskan, pelaksanaan Jumat Bersih dengan menurunkan seluruh ASN dan perangkat kelurahan untuk membersihkan sampah bertujuan memotivasi dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. 


Melalui aksi Jumat Bersih ini, Oder Sombu berharap bisa mendorong masyarakat memiliki kesadaran dan kepedulian untuk bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar dan membuang sampah pada tempatnya. 


Di saat musim hujan seperti saat ini, lingkungan yang kotor dan sumbatan pada drainase dapat menyebabkan banjir serta berakibat munculnya berbagai penyakit, seperti flu, Ispa, demam berdarah, diare, dan penyakit yang diakibatkan pergantian musim. Masyarakat diharapkan waspada dan selalu menjaga lingkungan tetap bersih," ujar Oder Sombu (AL)

×
NewsKPK.com Update